Cegah Dehidrasi Saat Berolahraga

   •    Jumat, 27 Oct 2017 12:44 WIB
kesehatan
Cegah Dehidrasi Saat Berolahraga
Ilustrasi. Kurang asupan cairan dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kehilangan banyak cairan yang semestinya bisa didapatkan. Kehilangan sebagian besar cairan dalam tubuh dapat menyebabkan keseimbangan gula dan garam dalam tubuh terganggu. Akibatnya, organ tubuh tak bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

Dehidrasi bisa dialami oleh siapa saja, bahkan atlet yang terlatih sekalipun masih mungkin mengalami dehidrasi ketika berolah raga.

"Penyebabnya sangat banyak dari mulai lingkungan, cuaca panas, kelembaban dan sebagainya. Faktor ini bisa terjadi terutama pada orang yang melakukan latihan fisik di luar ruangan terlebih bagi kita yang tinggal di daerah tropis," kata Spesialis Kedokteran Olahraga dr Zaini Khadafi Saragih dalam Selamat Pagi Indonesia, Jumat 27 Oktober 2017.

Menurut Zaini, dehidrasi saat berolahrag bisa dihindari asalkan Kita mau untuk mendengarkan dan menyadari sinyal-sinyal tak wajar yang disampaikan oleh tubuh. Secara alami, tubuh akan memberikan informasi pada kita jika mengalami sesuatu di luar kewajaran.

Gejala seperti badan mulai terasa panas, konsentrasi terganggu, bisa menjadi sinyal tubuh kehilangan banyak cairan saat berolahraga atau beraktifitas sehari-hari.

Zaini mengatakan sebelum berolahraga pastikan bahwa tubuh sedang dalam kondisi baik dan menyadari kapan harus berhenti penting untuk mencegah cedera atau dehidrasi saat latihan.

"Kesalahan yang sering itu kita terlalu semangat sehingga kadang lupa untuk mempersiapkan tubuh. Padahal olahraga terutama di luar ruangan hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi tubuh. Mempersiapkan diri sangat penting karena kondisi tubuh selalu berubah," jelasnya.




(MEL)