Rizky Kinos Ingin Stigma Buruk TBC Hilang

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 28 Nov 2017 18:08 WIB
tuberkolosis
Rizky Kinos Ingin Stigma Buruk TBC Hilang
Rizky Kinos (kanan) dan istrinya Nycta Gina menjadi influencer dan pendukung kompetisi vlog tentang TBC (Foto: IST)

Jakarta: Mantan VJ MTV Rizky Kinos menungkapkan bahwa dirinya memiliki pengalaman yang dekat dengan penyakit saluran pernapasan serius Tuberkulosis (TBC).

"Saudara kandung saya pernah terkena TBC. Padahal gaya hidup dia sehat, tak merokok. Kami tak pernah membayangkan dia akan sakit itu," ujar Kinos dalam peluncuran Kompetisi Video Blog (Vlog) TBC, Selasa, 28 November 2017.

Ia melanjutnya, gejala awal yang muncul adalah daya tahan tubuh yang menurun hingga saudaranya harus menjalani operasi mata, karena bagian tersebut yang terserang.

Belajar dari pengalaman tersebut, Kinos menyadari bahwa semua orang memiliki risiko terkena TBC tanpa memandang usia, bahkan meski telah mengadopsi hidup sehat.

"Saat itu, saudara saya masih muda usianya."

Ia juga menyadari bahwa masih ada stigma pada penyakit tersebut, membuat penderita cenderung menyembunyikan diri karena merasa malu. Oleh karena itu, mantan penyiar radio tersebut merasa bahwa mereka seharusnya mendapatkan dukungan dari keluarga dan orang sekitar.

"Harusnya tak perlu malu karena, tapi segera berobat agar sembuh, malu itu kalau sakit dan sudah tak berguna sehingga menyusahkan orang lain," tutupnya.




(DEV)