4 Alasan untuk Mencoba Pijat Prostat

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Oct 2017 06:30 WIB
kesehatan
4 Alasan untuk Mencoba Pijat Prostat
Pijat dapat mengurangi peradangan prostat dan membuat rasa sakit saat ejakulasi berkurang. (Foto: Gettyimages/Menshealth.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memijat adalah salah satu cara untuk membuat tubuh merasa lebih baik. Tak hanya tubuh, namun beberapa anggota privat lain juga membutuhkan pemijatan agar bisa berfungsi dengan baik, termasuk prostat.

Secara ilmiah, prostat berfungsi memproduksi cairan yang disebut semen saat ejakulasi. Sebuah perusahaan produk HealthyAndActive mengungkapkan bahwa penjualan pemijat prostat meningkat hingga 56 persen dalam lima tahun terakhir. Itu artinya, perawatan pada bagian intim tersebut memberi manfaat secara nyata. 



Berikut adalah beberapa manfaat pemijatan prostat bagi kehidupan seksual. 

1. Disfungsi ereksi
"Pemijatan prostat dapat memberikan manfaat bagi peningkatan aliran darah pada daerah tersebut. Ereksi pada dasarnya merupakan hasil dari pengaliran darah yang baik sehingga memberi peningkatan secara keseluruhan pada tubuh," tukas Joshua R. Gonzalez, MD yang praktik di Los Angeles. 

2. Lancarkan aliran urine
Urine seharusnya mengalir lancar, namun tidak pada pria yang memiliki pembengkakan atau peradangan pada prostat karena bagian tersebut dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat aliran urine terganggu. 

"Terdapat peningkatan dalam aliran urine dari pijat prostat, selain peradangan yang mereda. Adanya manipulasi pada sekitar otot dinding pelvis menyebabkan terjadinya kontraksi dan relaksasi selama berkemih sehingga urine mengalir lancar," terang Dr. Gonzalez. 

(Baca juga: Sembelit? Coba Pijat Bagian Tubuh Ini)

3. Nyeri ejakulasi
Ejakulasi yang menyakitkan muncul karena adanya infeksi atau peradangan pada epididimis (lubang yang mengeluarkan sperma), prostat, vesikula seminalis, dan/atau uretra. 

"Pijat dapat mengurangi peradangan prostat dan membuat rasa sakit saat ejakulasi berkurang," terang Jesse N. Mills, MD, seorang profesor klinis urologi di UCLA. 

Penyebab lain dari nyeri ejakulasi adalah otot dinding pelvis yang mengencang dimana hal tersebut muncul karena prostat meradang. "Manipulasi manual dari otot selama pijat prostat dapat mengurangi nyeri ejakulasi."


4. Prostatitis
Prostatitis adalah radang kelenjar prostat yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejala yang muncul beragam seperti perasaan terbakar saat kencing, nyeri saat ejakulasi, aliran uran tak lancar, hingga tak nyaman pada sekitar alat kelamin

"Saya melihat ada perubahan yang menguntungkan pada lima persen pasien prostatitis saya yang menjalani pijat proset dimana saya melihat ini adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan pengobatan lain," ujar J. Curtis Nickel, M.D., seorang profesor urologi di Queens University di Kanada.










(TIN)