Pernah Terkena Tumor Payudara, Wanda Hamidah Jadi Relawan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Oct 2016 17:17 WIB
wanda hamidah
Pernah Terkena Tumor Payudara, Wanda Hamidah Jadi Relawan
(Foto: Dokumentasi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepedulian Wanda Hamidah terhadap kanker payudara tak semata-mata sebagai bentuk simpati. Lebih dari itu, Wanda hendak berbagi pengalaman mengidap kanker.

"Saya senang berbagi info dan pengetahuan tentang kanker payudara agar orang-orang semakin sadar, bahwa penyakit ini tak hanya menyerang usia lanjut, tetapi juga anak muda," ujar Wanda, dalam acara Breast Cancer Awareness Month, di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Ambassador Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) tersebut bercerita bahwa ia pernah mengidap tumor payudara pada 2010, dan segera mengangkatnya sebelum berkembang lebih parah.

"Sebenarnya waktu umur 24 tahun, saat hamil anak pertama, saya sudah merasakan ada benjolan, tapi saya anggap enteng karena tidak sakit," ucapnya.

Sekitar tujuh tahun setelahnya, Wanda melakukan medical check up dan disarankan untuk memeriksakan lebih lanjut ke bagian onkologi untuk pemeriksaan USG.

Saat diberitahu bahwa ia positif menderita tumor payudara, ia ketakutan karena merasa tak memiliki riwayat kanker dalam keluarga.

(Baca: Sudah Jalani Pola Hidup Sehat, Perempuan Ini Kena Kanker Akibat Stres)


"Ternyata, setelah bilang ke Ibu, ada anggota keluarga yang meninggal akibat kanker payudara karena sudah stadium lanjut," ungkap Wanda yang kala itu menyimpulkan bahwa penyakit tersebut menurun kepadanya lewat genetik.

Belajar dari pengalaman, Wanda mengimbau para orang tua agar lebih terbuka kepada anak perihal riwayat kesehatan keluarga.

Anak pun sebaiknya selalu mendukung segala jenis pengobatan yang dilakukan ibu atau saudara perempuan yang mengidap kanker payudara, terutama dukungan psikologis.

Wanda juga mengingatkan agar selalu melakukan pengecekan payudara secara rutin karena penyakit ini bisa kembali muncul akibat beberapa faktor seperti pola hidup yang tak sehat.

"Jadi, kita tak boleh lengah. Harus waspada pada penyakit ini," kata Wanda.


Lihat Video:




(DEV)