Seperti Apakah Siklus Tidur Normal?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 18 Nov 2016 15:41 WIB
tidur
Seperti Apakah Siklus Tidur Normal?
Normalnya, setelah rebahan kita akan tertidur dalam waktu 15 menit. (Foto: Youqueen)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, waktu tidur seseorang pun akan semakin berkurang. Namun, kesegaran tubuh manusia pada dasarnya tidak didasarkan pada kuantitas atau durasi, melainkan kualitas tidur. 

Rata-rata, tidur yang sehat berdurasi 7-8 jam. Dalam durasi waktu tersebut, terdapat siklus tidur atau arsitektur tidur yang memiliki beberapa tahap. 

Apa sajakah itu?

"Normalnya, setelah rebahan kita akan tertidur dalam waktu 15 menit," ujar dr. Astuti SpS (K) - Spesialis Saraf & Neurologi dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dalam acara diskusi 'Bahaya Insomnia dan Hubungannya dengan Penyakit Komplikasi Lainnya', Jumat (18/11/2016).

Saat masuk dalam proses tidur, tahap pertama pun dimulai dimana seseorang akan merasa sangat mengantuk namun masih memiliki kesadaran sehingga bisa mendengar percakapan yang ada di sekitarnya dan mudah terbangun. Tahap ini berlangsung selama 15 menit. 

(Baca juga: 5 Faktor Penting yang Mempengaruhi Tidur Anda)

Kemudian, pada tahap kedua, beberapa bagian tubuh mulai melambat seperti detak jantung dan fungsi otak. Pola pernapasan pun menjadi teratur. Tahap yang berlangsung selama 15 menit ini membuat seseorang sulit terbangun. 

Tahap selanjutnya, yaitu tahap tiga dan empat, sering disebut dengan tahap restorasi dimana fungsi organ seperti otak dan detak jantung semakin melambat, temperatur tubuh dan tekanan darah menurun, dan gerakan bola mata berhenti. 

Biasanya, mimpi muncul pada tahap ini. Jika seseorang dibangunkan pada tahap restorasi, tubuh tak akan merasa segar karena masih dalam keadaan lemah.

Tahap terakhir, yaitu Rapid Eye Movement (REM) adalah kondisi dimana fungsi tubuh yang melambat kembali meningkat namun dalam durasi yang pendek (belum sepenuhnya sadar) dan keadaan otot masih lemah. Ini artinya, meskipun fungsi sudah kembali normal. 

"Ini namanya tidur yang berkualitas. Seluruh siklus terpenuhi dengan total tidur normal 7 jam dan semua proses hormon tuntas," pungkasnya. 

Secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan untuk melalui tahap pertama hingga terakhir adalah 90 menit. Dengan demikian, selama tidur malam, terjadi pengulangan siklus 4-5 kali.






(TIN)