Postur Tubuh Dapat Pengaruhi Kesehatan Anda

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 15:32 WIB
kesehatan
Postur Tubuh Dapat Pengaruhi Kesehatan Anda
Postur Tubuh yang Buruk Dapat Pengaruhi Kesehatan Anda (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pekerja kantoran mungkin lebih sering mengalami penurunan kesehatan. Ini bisa disebabkan oleh kebiasaan Anda yang duduk membungkuk terlalu lama di depan layar TV, komputer, laptop, notes, atau ponsel. Duduk dengan posisi punggung yang membungkuk dapat menyebabkan tulang belakang juga membungkuk.

Direktur Medis Obstetrics and Gynecology, Cloudnine Group of Hospitals, Gurgaon, Dr. Preety Aggarwal menjelaskan tentang bagaimana dampak buruk postur tubuh terhadap kehidupan Anda dan bagaimana gaya hidup kita memperburuk situasi tersebut.

Bagaimana dampak postur tubuh yang salah pada manusia?
Mempertahankan postur yang baik penting untuk kesehatan tulang yang baik pula. Postur adalah keselarasan tulang belakang dengan struktur yang berdekatan. Postur yang salah seperti membungkuk atau duduk dengan bahu membungkuk, menciptakan misalignment di sepanjang tulang belakang dan ini mengganggu kompnen dari sistem musculoskeletal.

Ini dapat sebabkan sakit punggung dan leher, pusing, osteoporosis, dan berdampak pada aliran darah yang dapat mempengaruhi konsentrasi, memori dan kemampuan kognitif otak.

Postur tubuh yang buruk bisa dirasakan lebih parah pada orang yang bekerja di balik meja?
Postur tubuh yang buruk dapat mempengaruhi orang dengan segala usia. Mereka yang bekerja dengan duduk di depan meja dan memiliki postur yang salah, lebih sering mengeluhkan sakit punggung kronis karena duduk terlalu lama setiap hari.

Sebuah studi dalam IOSR Journal of Nursing and Health Science, pelajar yang membawa tas sekolah melebihi 10-15 persen dari berat badannya dapat mengembangkan postur tubuh yang buruk dan berisiko mengalami kelainan tulang punggung.

Bagaimana gaya hidup sehat mempengaruhi kesehatan tulang?
Anak-anak yang lebih sering duduk diam dan menonton TV dalam waktu lama, membangun kepadatan tulang yang lebih sedikit selama masa pertumbuhan mereka dan lebih rentan terhadap osteoporosis serta kerusakan tulang di kemudian hari.

Duduk dalam waktu lama juga meningkatkan risiko kekakuan pada sendi dan otot, degenarasi otot, dan hernia.

Postur tubuh yang buruk sebabkan Osteoarthritis?
Osteoarthritis adalah bentuk paling umum dari radang sendi. Ini biasanya menyebabkan nyeri sendi, kekakuan dan hilangnya fleksibilitas. Ada beberapa faktor risiko penyakit ini termasuk usia, jenis kelamin yaitu perempuan yang lebih rentan terkena osteoarthritis, obesitas, cedera tulang dan genetika.




(ELG)

Video /