Mengandung Babi, BPOM Menarik Sejumlah Mie Asal Korea

Indriyani Astuti    •    Minggu, 18 Jun 2017 18:56 WIB
bpom
Mengandung Babi, BPOM Menarik Sejumlah Mie Asal Korea
(Foto: Tokopedia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) telah mengeluarkan surat agar sejumlah produk mie instan asal Korea untuk ditarik dari pasaran karena tidak mencantumkan bahwa produk tersebut mengandung babi pada kemasan.

Lewat keterangan resmi yang diterima, Minggu (18/6), berdasarkan pengambilan sampel dan pengujian terhadap beberapa produk mi instan asal Korea yang dilakukan Badan POM, dari beberapa produk yang telah dilakukan pengujian terhadap parameter DNA spesifik babi, beberapa produk menunjukkan positif terdeteksi mengandung DNA babi.

"Produk mi asal Korea yang mengandung babi tersebut yaitu Samyang Mi instan U-Dong dengan mereka dagang Samyang, Mie instan (Shin Ramyun Balck) dengan nama dagang Nongshim, Mi instan kimchi dengan nama dagang Samyang dan mie instan Yeul Ramen dengan nama dagang Ottogi," kata Badan POM.

Berdasarkan pengecekan label juga diketahui bahwa produk yang mengandung babi tersebut tidak mencantumkan peringatan “Mengandung Babi".

Importir juga tidak menginformasikan kepada Badan POM saat pendaftaran untuk mendapatkan izin edar bahwa produk yang didaftarkan tersebut mengandung babi.

"Terhadap produk-produk tersebut, Badan POM telah memerintahkan importir yang bersangkutan untuk menarik produk dari peredaran," tutur Badan POM

Badan POM juga melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar di pasaran (post-market vigilance) termasuk produk yang mengandung babi atau diduga mengandung babi dengan cara penempatan termasuk display di sarana ritel, yaitu produk yang mengandung babi harus diletakkan terpisah dari produk non babi dengan diberikan keterangan “MENGANDUNG BABI”, dan pengambilan contoh dan pengujian terhadap parameter DNA spesifik babi.


(DEV)