Gejala dan Pengobatan Penyakit Kulit Rosacea

Torie Natalova    •    Jumat, 02 Jun 2017 06:00 WIB
kesehatan kulit
Gejala dan Pengobatan Penyakit Kulit Rosacea
Perlu diketahui bahwa perawatan apapun yang dipilih, tidak ada solusi permanen untuk pengobatan rosacea. Kuncinya adalah bersabar karena perlu waktu untuk mengendalikan kondisi ini. (Foto: Allure.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda pernah melihat kulit Anda memerah selama berhari-hari setelah terkena sinar matahari sore? Ini bisa jadi salah satu tanda Anda kemungkinan mengalami rosacea.

Rosacea merupakan kondisi kulit yang mempengaruhi sekitar 16 juta orang Amerika terutama wanita paruh baya. Orang dengan rosacea mengalami kemerahan di wajah mereka dan karena kondisinya memburuk, mereka mungkin akan mengembangkan jerawat kecil.

Rosacea pada umumnya disebabkan oleh kombinasi faktor lingkungan dan keturunan. Beberapa ahli berpendapat rosacea ini disebabkan oleh peradangan dan yang lain mengatakan bahwa ini adalah jenis jerawat.



Bila tidak diobati, rosacea bisa semakin memburuk. Rosacea yang semula diawali sedikit kemerahan, bisa berkembang menjadi rosacea papulopustular, lengkap dengan kemerahan dan benjolan gatal yang menutupi wajah dan dada.

Hindari pemicu rosacea seperti stres, alkohol, kafein, suhu ekstrem dan makanan pedas. Anda juga harus mencoba untuk menghindari matahari terlalu sering dan secara teratur menggunakan tabir surya pada kulit.

Jika Anda mengalami kemerahan yang terus-menerus dan kulit Anda teriritasi atau sensitif, Anda mungkin mengalami Erythematotelangiectatic rosacea

(Baca juga: Mengenal Vitiligo, Kelainan Kulit yang Menyerang Model Winnie Harlow)

Dokter mungkin akan memberikan pengobatan antibiotik dan memberitahu jika krim topikal berbasis belerang cocok untuk Anda. Produk ini bekerja untuk membunuh bakteri yang mungkin berperan dalam rosacea.

Selain itu, jika Anda mengalami kemerahan bersamaan dengan benjolan, jerawat atau bercak merah yang banyak, Anda mungkin mengalami rosacea papulopustular. 



Dokter mungkin akan memberikan asam laktat, glikolat dan salisilat, yang merupakan bahan kimia agen inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan benjolan.

Perlu diketahui bahwa perawatan apapun yang dipilih, tidak ada solusi permanen untuk pengobatan rosacea. Kondisinya bisa sulit diobati dan meski beberapa terbukti efektif, kuncinya adalah bersabar karena perlu waktu hingga dua tahun untuk mengendalikan kondisi ini.







(TIN)