Satu Buah Jeruk Sehari dapat Menurunkan Risiko Demensia

Torie Natalova    •    Selasa, 25 Jul 2017 08:00 WIB
kesehatan
Satu Buah Jeruk Sehari dapat Menurunkan Risiko Demensia
(Foto: Healthy Food House)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah jeruk tidak hanya dapat menyegarkan dan merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Jeruk kini diklaim dapat memberikan manfaat medis tertentu.

Sebuah studi baru yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa mengonsumsi satu jeruk sehari dapat mengurangi risiko demensia.

Tim peneliti menemukan bahwa buah jeruk termasuk lemon dan limau dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit yang menyerang ingatan, mempengaruhi pribadi dan penalaran seseorang. Jeruk diklaim dapat membantu mencegah kerusakan otak yang menyebabkan demensia atau Alzheimer.

Mengapa demikian? Ini karena asam memiliki sifat yang mengandung nobiletin kimiwai yang telah terbukti memperlambat atau membalikkan penurunan ingatan.

Penelitian ini dilakukan terhadap 13 ribu pria paruh baya selama lebih dari tujuh tahun. Mereka yang makan buah jeruk setiap hari cenderung kurang mengalami demensia sebesar 23 persen dibandingkan mereka yang kurang makan buah jeruk.

Beberapa penelitian menunjukkan jeruk dapat memiliki efek pencegahan terhadap gangguan kognitif. Namun, tidak ada penelitian yang meneliti hubungan antara konsumsi jeruk dan tingkat demensia, kata peneliti.





(DEV)