Mengatasi Perut Kembung dengan Tomat dan Mentimun

Torie Natalova    •    Senin, 29 May 2017 06:00 WIB
kesehatan pencernaan
Mengatasi Perut Kembung dengan Tomat dan Mentimun
Makanan yang kaya potasium ini dapat membantu mengurangi kembung dengan menurunkan kadar sodium tubuh Anda. (Foto: Pinterest/Passionate About Baking)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kembung seringkali terjadi akibat retensi air yang berarti bahwa sel-sel di dalam tubuh menggantung kelebihan air dan ginjal tidak mendapatkan sinyal untuk melepaskan air tersebut. Perut kembung sangat tidak nyaman terutama bila terjadi saat Anda sedang berpuasa.

Ada beberapa penyebab perut kembung seperti haid, dehidrasi, atau akibat makan keripik. Meskipun sulit untuk menentukan sumber pasti dari perut kembung, ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung dengan mengonsumsi lebih banyak makanan di bawah ini.

(Baca juga: Tips Atasi Perut Kembung)



1. Mentimun
Mentimun tak hanya mengandung quercetin, tapi juga antioksidan yang membantu mengurangi pembengkakan. 

Mentimun mengandung air, vitamin C dan smooth sodium yang bersama-sama membuat Anda terhidrasi dan mencegah retensi air serta kembung. Kulit timun juga tinggi asam caffeic, antioksidan lain yang dapat menghambat peradangan.



2. Alpukat
Buah ini rendah gula dan bebas dari fruktosa dan sorbitol yang keduanya diketahui dapat memicu perut kembung dan gas. Alpukat mengandung serat larut yang memberi makan bakteri usus baik, memperbaiki pencernaan serta memberikan perasaan kenyang.



3. Tomat
Makanan yang kaya potasium ini dapat membantu mengurangi kembung dengan menurunkan kadar sodium tubuh Anda. Karena dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menempel pada cairan, makan tomat berkontribusi pada kebutuhan cairan Anda, sehingga mengurangi kembung.



4. Kiwi
Buah kiwi hijau mengandung enzim aktinidin, enzim alami yang membantu mencerna protein dan mencegah kembung. Kiwi hijau dan kuning merupakan sumber serat larut baik yang mengurangi kemungkinan kembung dengan meningkatkan kemampuan pencernaan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat.



5. Semangka
Buah ini mengandung lebih dari 90 persen air dan merupakan buah yang baik jika Anda mengonsumsi garam berlebihan. Bila ada ketidakseimbangan kelebihan sodium dalam makanan, tubuh memberi isyarat untuk menggantung sebanyak mungkin air untuk mengimbangi garam berlebih. Makan buah padat air adalah cara mudah untuk mengonsumsi air lebih banyak dan menyiram kelebihan garam.



6. Berries
Bluberi, stroberi dan raspberi juga mengandung tinggi air yang menjaga kadar cairan tubuh dan sodium tetap bersih. Serat tinggi dalam buah-buahan ini meningkatkan pencernaan dan memperbaiki masalah yang dapat memicu perut kembung.



7. Asparagus

Asparagus bertindak sebagai diuretik alami untuk membantu Anda dengan cepat melewati air berlebihan yang mungkin memicu perut kembung. 

Asparagus juga merupakan prebiotik yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan Anda. Semakin sehat usus, semakin sedikit kembung yang dialami.



8. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung mengandung jumlah magnesium yang cukup tinggi, elektrolit penting yang menjaga pencernaan dan keseimbangan cairan tetap sehat.








(TIN)