Pentingnya Hari Libur untuk Memperhatikan Kesehatan Mental

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Jul 2017 16:33 WIB
psikologi
Pentingnya Hari Libur untuk Memperhatikan Kesehatan Mental
Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan lainnya yang perlu untuk diperhatikan. (Foto: Pixabay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang wanita mengirimkan surel kepada atasannya dimana ia izin beberapa hari untuk mengurusi kesehatan mental. 

Surel yang menjadi viral tersebut menekankan sebuah fakta dimana masih terdapat banyak stigma pada kesehatan mental, terutama di tempat kerja. 

Madalyn Parker, seorang web developer dari Michigan yang mengalami gangguan depresi dan rasa cemas, mengirimkan tim kerjanya sebuah surel yang menginformasikan bahwa dirinya akan tak masuk selama dua hari untuk fokus pada kesehatan mentalnya. 



Dalam surel balasan, atasan Parker mengucapkan terima kasih atas pemberitahuan tersebut, dimana hal tersebut membantu tim untuk mengerti pentingnya menggunakan hari izin karena sakit untuk kesehatan mental. 

(Baca juga: Manfaat Ikut Terapi Untuk Kesehatan Mental)

"Anda adalah contoh bagi kami semua, dan membantu menghilangkan stigma sehingga kami juga ikut memikirkannya," demikian isi surel. 

"Saya ingin memanggil dan mengucapkan terima kasih pada keberanian Madalyn yang membantu kita mengerti bahwa kesehatan mental adalah juga isu kesehatan normal," ujar CEO Parker, Ben Congleton dalam unggahan yang terpisah. 

Congleton menambahkan, dirinya merasa frustasi karena kesehatan mental masih mendapat stigma, baik di dunia kerja maupun sosial. 



"Ini tahun 2017. Pekerjaan kita mengharuskan untuk melakukan sesuatu yang membuat kita mencapai puncak kinerja mental."

Ia memberi contoh, "Ketika seorang atlet terluka karena duduk di bangku dan kemudian sembuh. Cobalah ubah pemikiran dimana otak berbeda dengan hal tersebut."










(TIN)