Gen Tertentu Dapat Memicu Depresi

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 23 Jul 2017 11:14 WIB
studi kesehatan
Gen Tertentu Dapat Memicu Depresi
(Foto: eOffice)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi dari University of Central Florida menemukan bahwa variasi gen, yang terdapat pada sekitar 25 persen orang di seluruh dunia, dapat meningkatkan suasana hati sedih.

Mereka yang memiliki jenis gen apolipoprotein-E4 (singkatnya ApoE4), meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami gejala depresif secara klinis dalam fase hidup sebesar 20 persen dibandingkan dengan mereka yang tak memiliki variasi gen tersebut.

"Beberapa gen bersifat deterministik sehingga jika Anda memilikinya maka Anda akan terkena penyakit tersebut. Tapi gen itu, tak seperti itu," ujar pemimpin studi Rosanna Scott.

Scott menggunakan data kesehatan dan kesejahteraan dari 3.203 partisipan berusia 53-71 tahun yang terdapat Wisconsin Longitudinal Study, sebuah studi yang melihat bagaimana kesehatan, hubungan, kematian, dan hal-hal lain pada orang-orang yang lulus dari SMA Wisconsin tahun 1957.

Partisipan yang memiliki ApoE4 dilaporkan memiliki gejala depresi seiring dengan bertambahnya usia.

Scott ingin melihat bagaimana hubungan antara ApoE4 dengan depresi karena gen tersebut diketahui memberi efek negatif pada pengaturan kolesterol pada tubuh.

"Intinya, Anda akan memiliki risiko lebih besar terkena depresi secara statistik jika memiliki gen ApoE4, namun hal ini tidak deterministik. Anda tak bisa mengubah gen Anda, namun bisa mengontrolnya dengan meningkatkan kesehatan," simpulnya.





(DEV)