Olahraga Kurang dari 30 Menit untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 06 Feb 2018 12:52 WIB
kesehatan
Olahraga Kurang dari 30 Menit untuk Kesehatan yang Lebih Baik
Seringnya olahraga dengan waktu yang singkat dapat mengurangi risiko cedera. (Foto: Bewakoof.com Official/Unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin memiliki pemikiran bahwa seseorang tidak akan bisa berolahraga optimal dalam waktu 30 menit, dan itu hanya buang-buang waktu. Tapi ternyata dalam waktu kurang dari setengah jam, seseorang bisa melakukan olahraga.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pennington Biomedical Research Center menunjukkan hasil yang menakjubkan. Mereka meneliti sebanyak 464 wanita yang dianggap berlebihan berat badan serta tidak pernah olahraga dan melakukan olahraga jalan selama 72 menit selama seminggu, selama enam bulan. 

Hasilnya para wanita ini ternyata menunjukkan kesehatan jantung yang baik plus kebugaran. Hitung saja, tujuh puluh dua menit seminggu, artinya mereka melakukannya selama kurang lebih 10 menit dalam sehari.

(Baca juga: Diet, Olahraga atau Keduanya untuk Menurunkan Berat Badan?)


(Seringnya olahraga dengan waktu yang singkat dapat mengurangi risiko cedera. Foto: Courtesy of Popsugar.com)

Selain temuan ini, penting untuk dicatat bahwa hanya dengan 10-15 menit olahraga yang melatih kekuatan dan latihan kardiovaskular dapat membakar 100 kalori atau lebih, tergantung dari intensitas latihan Anda. Seratus kalori sehari kira-kira adalah satu pon sebulan, atau 12 kilogram per tahun. Ini akan membuat tubuh lebih baik dan semakin bugar.

Satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa seringnya olahraga dengan waktu yang singkat dapat mengurangi risiko cedera. Kecuali pada atlet yang sudah terlatih, mereka mampu berolahraga selama berjam-jam. 

Dengan berolahraga dengan waktu yang singkat, sekali lagi dapat membuat tubuh Anda makin bugar, meminimalisir risiko cedera dan meningkatkan kesempatan agar Anda mengukuti jadwal olahraga yang konsisten.










(TIN)