Ketombe Bisa Hadir karena Anda Stres

Yatin Suleha    •    Jumat, 03 Nov 2017 11:58 WIB
kesehatan kulit
Ketombe Bisa Hadir karena Anda Stres
Jangan salah jika salah satu penyebab ketombe bisa jadi karena Anda mengalami stres. (Foto: Uberimages/iStock)

Metrotvnews.com, Jakata: Ketombe memang membuat Anda kesal. Bukan hanya membuat tak nyaman, melainkan membuat kesejahteraan mental Anda sedikit terganggu dan tidak percaya diri.

Namun, jangan salah jika salah satu penyebab ketombe bisa jadi karena Anda mengalami stres. "Stres bisa memperburuk kondisi kulit mana pun (termasuk kulit kepala)," ucap Lotika Singh, MD, dokter spesialis kulit yang berbasis di New York, Amerika.

Stres dalam merusak sistem kekebalan tubuh Anda, dan bisa jadi salah satu penyebab munculnya ketombe di kulit kepala Anda. "Biasanya ketombe yang muncul akan terasa gatal," imbuhnya. "Stres bisa membuat rasa gatal Anda lama, dan itu bisa berulang: semakin Anda menggaruknya, semakin gatal akhirnya. Sehingga hal itu seperti lingkaran."



(Baca juga: Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe)

Lotika Singh memberikan saran Anda bisa menenangkan diri Anda setiap hari dalam waktu-waktu tertentu. "Cobalah olah pernapasan yang bisa membuat Anda semakin tenang. Atau yoga, berjalan-jalan di taman dan yang paling mudah adalah bernapas panjang. Cobalah tarik napas panjang dalam hitungan empat, lalu keluarkan napas dalam hitungan empat juga. Perbanyak sesi rileks yang bisa menyeimbangkan tubuh Anda dan meredakan rasa stres."

Mungkin Anda bisa mencoba menggunakan sampo anti ketombe dengan bahan zinc pyrithione, yang menyasar pada jamur dan bakteri. Ketoconazole juga ampuh membunuh jamur. Bahan lainnya yang juga ampuh membasmi ketombe adalah coal tar dan selenium sulfide yang bisa memperlambat perkembangan dan memperlambat pertumbuhan matinya sel kulit pada kepala Anda.











(TIN)