Pentingnya Mengecek Kondisi Tubuh Sebelum Berolahraga

Raka Lestari    •    Rabu, 08 Nov 2017 18:32 WIB
kesehatan
Pentingnya Mengecek Kondisi Tubuh Sebelum Berolahraga
(Foto: Fox Medical)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesadaran masyarakat Indonesia akan olahraga mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Generasi millennial menganggap kegiatan yang paling menarik salah satunya adalah olahraga.

"Saya pernah melihat studi di media sosial sebanyak 30 persen generasi millennial menganggap kegiatan yang paling menarik itu olahraga. Ini berarti olahraga bukan hanya kegiatan tetapi juga tren untuk anak muda. Hal yang dianggap sumber kebahagiaan adalah kesehatan," ujar dr Achmad Zaki, SpOT, dokter ortopedi dari Mayapada Hospital dalam seminar kesehatan di Jakarta, Selasa 8 November 2017.

Dr Zaki juga mengatakan jenis olahraga yang paling diminati adalah berlari, diikuti berenang, dan bersepeda.

Namun sebelum melakukan olahraga seperti lari atau maraton, sebaiknya terlebih dahulu memeriksakan kondisi badan terlebih dahulu.

"Tingkat kebugaran orang berbeda-beda, oleh karena itu sebaiknya kita memeriksa badan kita dulu. Apakah kita siap dari sisi jantung, paru-paru, atau otot," ujar tim kedokteran Sports & Exercise Medicine Centre Mayapada Hospital.

Menurut tim kedokteran Sports & Exercise Medicine Centre Mayapada Hospital, ada beberapa tes yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga seperti lari atau maraton. Tes-tes tersebut mencakup mengetes otot, tulang, sendi, dan juga ligamen.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah cedera otot, sakit jantung, atau paru-paru.




(DEV)