Dilanda Mimpi Buruk, Hilangkan dengan 6 Cara Ini

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 09 Jan 2018 10:00 WIB
Dilanda Mimpi Buruk, Hilangkan dengan 6 Cara Ini
Stres merupakan alasan di balik banyak masalah kesehatan. Stres membuat diri seseorang cemas dan mempengaruhi kesehatan yang berimbas pada mimpi buruk. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Mimpi buruk selain mengganggu kualitas tidur juga dapat berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Apakah Anda sering mengalaminya?

Mimpi buruk bisa terjadi karena berbagai faktor, contohnya pengaruh obat seperti antidepresan, beberapa obat non psikologis, misalnya obat tekanan darah, atau pun karena traumatis masa lalu. Bila Anda kerap mengalami mimpi buruk, Anda bisa menghilangkannya dengan cara berikut:

1. Ketahui penyebabnya
Konsultasikan pada ahlinya apa penyebab mimpi buruk yang seringkali mengganggu tidur Anda. Jika ternyata alasannya adalah sleep apnea, cemas atau depresi segera bicarakan pada dokter untuk segera mendapatkan penanganan.

2. Kurangi stres
Stres merupakan alasan di balik banyak masalah kesehatan. Stres membuat diri seseorang cemas dan mempengaruhi kesehatan yang berimbas pada mimpi buruk. Cobalah untuk latihan yoga, meditasi, atau menikmati aktivitas yang membantu Anda tetap tenang dan rileks.


(Stres merupakan alasan di balik banyak masalah kesehatan. Stres membuat diri seseorang cemas dan mempengaruhi kesehatan yang berimbas pada mimpi buruk. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Jangan Lakukan Ini ketika Sulit Tidur)

3.Perbaiki pola tidur
Mimpi buruk bisa juga diakibatkan oleh tidur yang terganggu, bisa jadi karena ruangan tempat Anda tidur yang tak nyaman. Maka buatlah kamar tidur serileks mungkin, jagalah agar tetap rapi dan dalam suhu normal (tidak terlalu hangat atau terlalu dingin). 

4. Dampak cahaya biru
Cahaya biru yang dipancarkan dari gadget elektronik bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Hindari penggunaan gadget, apalagi handphone menjelang Anda tidur.

5. Reherseal imagery (terapi kognitf)
Ini adalah sejenis terapi kognitif yang bisa mengurangi mimpi buruk dengan efektif. Dalam terapi ini, Anda bisa membayangkan alternatif akhir dari mimpi buruk yang dialami. Dan saat bangun, Anda membayangkan akhir yang bahagia dari mimpi buruk Anda. Misalnya Anda mengalami mimpi buruk, di mana Anda terjatuh dari ketinggian, bayangkan saja Anda punya parasut yang terbuka dan menyelamatkan Anda.

6. Bicarakan pada seseorang
Diskusikan mimpi buruk Anda dengan seseorang yang Anda percaya dan siapa pun yang bisa membantu Anda merasa lebih baik. 








(TIN)