Ini Fakta Unik Mengonsumsi Cokelat Putih

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 09 Jan 2018 19:06 WIB
kesehatan
Ini Fakta Unik Mengonsumsi Cokelat Putih
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Sama seperti cokelat hitam, cokelat putih juga dinikmati banyak orang. Cokelat putih terbuat dari mentega kakao, gula, dan susu berwarna gading pucat.

Cokelat putih biasa dicampurkan pada beberapa olahan makanan. Selain rasanya enak, cokelat putih juga punya banyak fakta menarik untuk disimak, antara lain:

1. Mengandung kalsium

Karena dibuat dengan susu, cokelat putih mengandung sekitar 169 miligram kalsium. Tubuh manusia memerlukan kalsium untuk tulang dan gigi agar lebih kuat. Selain itu, kalsium juga mendukung fungsi normal pada jantung, otot, dan saraf.

2. Antioksidan

Salah satu bahan pembuatan cokelat putih adalah mentega kakao yang berasal dari tanaman kakao. Mentega kakao mengandung antioksidan seperti flavonoid. Dari zat antioksidan tersebut, cokelat putih membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit kanker.

3. Mencegah hipertensi

Cokelat putih mengandung beberapa zat nutrisi, salah satunya asam linoleat yang bermanfaat bagi tubuh, terutama pembuluh darah. Asam linoleat membantu jantung memompa darah dengan baik, sehingga detak jantung lebih stabil.

4. Menjaga kolesterol

Cokelat putih akan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Tak hanya itu, cokelat putih juga membantu penyerapan vitamin dari makanan yang dikonsumsi tubuh saat sedang makan dan melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur menjadi bagian penting bagi setiap orang, karena memungkinkan tubuh rileks. Cokelat putih memiliki kandungan dopamin tinggi yang berfungsi sebagai obat bius, di mana otak akan lebih tenang juga rileks saat Anda tidur.

6. Meningkatkan kekuatan otak

Flavonoid dalam cokelat sangat membantu kinerja otak. Flavonoid akan mengorganisasi pembentukan memori (ingatan), terutama pada jangka panjang. Penikmat cokelat putih mungkin terhindar dari kepikunan.


(TRK)