Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:39 WIB
Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa
Ketika awal mewarnai, Anda akan mudah senewen karena tak bisa cukup rapi atau merasa perpaduan warna tak cocok. (Foto: Joe Shillington/Unsplash.com)

Jakarta: Beberapa waktu lalu, buku mewarnai orang dewasa sempat menjadi hobi baru yang tengah digandungi. Kegiatan yang dianggap identik dengan kreativitas ini rupanya memberi banyak manfaat untuk pikiran dan mental.

Berikut adalah 5 manfaat mewarnai buku yang dipenuhi dengan corak atau gambar bagi orang dewasa.

1. Menjadi lebih sabar
Ketika awal mewarnai, Anda akan mudah senewen karena tak bisa cukup rapi atau merasa perpaduan warna tak cocok. Namun, seiring berjalannya waktu Anda mulai bisa telaten dalam memberikan warna pada corak yang tergolong sulit dan tanpa disadari hal itu membantu melatih kesabaran.

2. Belajar menciptakan ruang pada diri sendiri
Membutuhkan fokus yang cukup besar dalam mewarnai, dimana tak ada waktu untuk memikirkan hal lain, seperti kesedihan atau beban lain. Jadi, ini bukanlah kegiatan untuk intropeksi namun aktivitas yang memberikan ruang tersendiri tanpa distraksi lain.

Bisa dikatakan, ini adalah jeda mini tanpa harus pergi liburan. Dengan mewarnai, imajinasi Anda juga akan ikut berkembang melalui gambar yang ada di depan mata.



(Baca juga: Problematika Psikologis Generasi Milenial)

3. Mulai menghargai hal-hal kecil
Tak mudah hanya duduk melakukan satu hal dalam waktu lama. Saat mewarnai, Anda belajar untuk menjelajah waktu dan menyadari bahwa waktu adalah sumber paling berharga karena Anda mengingat hal-hal kecil yang menyenangkan Anda.

4. Menjauh dari gawai
Kegiatan mewarnai bisa membantu Anda menjauh dari gawai, yang saat ini cukup sulit dilakukan banyak orang, karena sibuk bermain dengan warna.

5. Belajar bersenang-senang
Proses mewarnai bisa menjadi menyenangkan, terutama saat Anda memilih alat warna apa yang akan Anda gunakan. Bahkan, memikirkan akan melakukan kegiatan tersebut saja sudah membuat Anda bersemangat, meskipun sedang berada di tengah kesibukan keseharian. 









(TIN)