Diet ala Selebriti yang Sebaiknya Tidak Diikuti

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 19 Dec 2017 14:59 WIB
diet
Diet ala Selebriti yang Sebaiknya Tidak Diikuti
Gwyneth Paltrow merupakan selebriti yang menganut Raw Vegan (Foto: BBC)

Jakarta: Selebritas memiliki pengaruh untuk menularkan gaya hidupnya kepada orang lain. Seperti diet, banyak orang pada akhirnya melakoni pola makan tertentu karena tergiur anjuran idolanya.

Padahal, tak selalu pola diet yang dilakukan oleh selebriti dunia sehat. British Dietetic Association (BDA) merilis lima jenis diet selebriti yang harus dihindari oleh masyarakat. Berikut ulasannya seperti dilansir dari BBC.

Raw vegan

Raw vegan merupakan pola diet yang menganjurkan  mengonsumsi makanan mentah. Selebriti dunia yang menerapkan pola diet ini antara lain Gwyneth Paltrow, Megan Fox dan Sting.

Sian Porter dari BDA menjelaskan bahwa pola diet ini memang sehat karena dengan mengonsumsi makanan mentah, kandungan gizinya masih banyak dan belum tercemar proses pemasakan. Sayangnya, tak semua makanan baik dimakan mentah karena ada beberapa bakteri yang harus dimatikan dengan proses pemasakan.

Lagi pula, tak semua proses pemanasan itu buruk. Ada beberapa makanan yang justru meningkat nutrisinya setelah dimasak, seperti wortel dan kentang.

Alkali

Tom Brady dan Beyonce merupakan beberapa selebritas yang mendukung diet alkali. Mereka percaya kelebihan asam pada tubuh menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti radang sendi, osteoporosis, gangguan ginjal dan hati, hingga kanker.

Mereka pun menerapkan pola makan tinggi alkali yang terdapat pada sayuran dan buah untuk menetralkan pH tubuh.

Faktanya, pola makan tinggi alkali tidak berdampak apapun pada keseimbangan pH tubuh, malahan akan membuat Anda kekurangan nutrisi karena membatasi beberapa nutrisi penting.

Suplemen gizi Katie Price

Katie Price Nutrition merilis serangkaian produk untuk menghidrasi tubuh, sarapan, serta makanan pengganti. Pada situsnya tertulis produk tersebut dapat meningkatkan pembentukan otot dan mengurangi food craving dan keinginan ngemil.

Menurut BDA, penggunaan suplemen kesehatan tidak bisa sembarangan dan harus di bawah pengawasan dokter.

Pioppi

Diet Pioppi mengadopsi prinsip diet mediterania dengan tujuan menurunkan berat badan dan mengurangi diabetes tipe 2.

Pola diet yang diperkenalkan Dr Aseem Malhotra and Donal O'Neill ini merekomendasikan diet rendah karbohidrat dan tinggi asupan lemak, buah, sayuran, ikan, minyak zaitun, diiringi dengan berolahraga teratur.

Mereka juga menyarankan puasa mengonsumsi daging merah, tepung, dan sajian manis.

Menurut BDA, diet ini memang bagus tetapi sebaiknya tidak dengan mengurangi karbohidrat.




(DEV)