Langkah Tepat Memandikan Si Kecil

   •    Selasa, 04 Dec 2018 14:31 WIB
perkembangan anak
Langkah Tepat Memandikan Si Kecil
Maka Wajar saja Anda merasa gugup ketika harus memandikan si kecil. Apalagi jika ini baru pertama kali. (Foto: Ilustrasi. Dok. Luma Pimentel/Unsplash.com)

Jakarta: Memandikan bayi yang baru lahir adalah pengalaman berharga bagi Anda.  Pengalaman tersebut bisa mendekatkan Anda dengan sang buah hati karena si kecil dapat merasakan hangatnya sentuhan Anda.

Akan tetapi, bayi yang baru lahir masih sangat rentan dan lemah. Maka wajar saja Anda merasa gugup ketika harus memandikan si kecil. Apalagi ini baru pertama kali Anda harus memandikannya.

Tapi tak perlu khawatir dengan mengikuti panduan berikut ini Anda bisa memandikan si kecil di bak mandi. Caranya pun cukup sederhana simak beberapa langkah di bawah ini, melansir dari BabyCenter.

(Baca juga: Empat Kesalahan saat Memandikan Bayi Pertama Kali)


(Maka Wajar saja Anda merasa gugup ketika harus memandikan si kecil. Apalagi jika ini baru pertama kali. Foto: Ilustrasi. Dok. Kelly Sikkema/Unsplash.com)

- Siapkan bak mandi si kecil dengan air hangat yang suhunya kira-kira 37 derajat celsius, setinggi 5 sentimeter.

- Dengan kedua tangan Anda pindahkan si kecil kedalam bak mandi dengan posisi berbaring agak tegak. Lalu tahan bagian belakang dan lehernya dengan tangan Anda yang tidak dominan.

- Tuangkan sabun mandi yang aman untuk si kecil diwaslap.

- Mulailah dengan menyeka lembut wajah, kepala,  sekujur tubuh hingga membersihkan area kelamin dan pantat si kecil dengan waslap. Dimulai dari bagian atas terlebih dahulu.

- Setelah itu angkat si kecil dengan kedua tangan Anda dan bungkus handuk yang kering.


Maria Fransiska    




(TIN)