Manfaat Menjadi Orang Baik untuk Kesehatan

Torie Natalova    •    Sabtu, 22 Dec 2018 12:27 WIB
kesehatanpsikologi
Manfaat Menjadi Orang Baik untuk Kesehatan
Manfaat Menjadi Orang Baik untuk Kesehatan (Foto: gettyimages)

Jakarta: Memasuki musim liburan bisa benar-benar memicu kecemasan seseorang. Melakukan perencanaan dan koordinasi untuk rencana perjalanan liburan hingga menemukan hadiah yang tepat, dapat membebani Anda.

Tetapi, semua perencanaan tersebut tidak akan membebani Anda ketika mengingat semua dilakukan untuk keluarga terkasih. Waktu liburan bisa jadi waktu yang tepat untuk bersikap baik dan membantu orang lain serta menuangkan kasih sayang yang tulus.

Kasih sayang merupakan keadaan yang dapat Anda rasakan dari pengalaman sendiri seperti empati dan kepedulian terhadap orang lain. Menurut psikolog Kristen UnKauf, cara terbaik untuk mulai berhubungan dengan belas kasih adalah mengakui pengalaman orang lain.

Berlatih untuk memberikan kasih sayang yang tulus tidak hanya membuat Anda terlihat seperti orang yang baik, tapi juga dapat memberi manfaat kesehatan.

Belas kasih dapat membuat Anda lebih bahagia, mengurangi tingkat stres, dan membantu menempatkan masalah yang Anda rasakan sendiridengan mengalihkan fokus ke tekanan orang lain. Belas kasih juga memberi kesejahteraan untuk Anda dan orang yang menerima kasih sayang Anda.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum memberikan kasih saang pada orang lain, sayangi dahulu diri Anda sendiri. Mulai dengan melakukan pembelaan terhadap diri, menenangkan penilaian Anda terhadap diri sendiri dan orang lain, menyembuhkan trauma, serta penting juga untuk merawat diri sendiri.

Merawat diri dengan menjaga kesehatan yang dimulai dari makan makanan yang sehat, melakukan aktivitas fisik adalah cara mudah untuk membuat pikiran dan tubuh merasa lebih nyaman jika Anda mulai merasa kewalahan.

 


(ELG)