Gaya Hidup tak Sehat Bikin Anda Kram saat Menstruasi

Kumara Anggita    •    Selasa, 05 Feb 2019 12:08 WIB
haid
Gaya Hidup tak Sehat Bikin Anda Kram saat Menstruasi
dr. Sarah Picadela, SpOG (Foto: Kumara Anggita/Medcom.id)

Jakarta: Kram dan terasa begah saat menstruasi membuat Anda berpikir apa yang sesungguhnya terjadi di dalam rahim Anda. Menurut Dokter Spesialis Kandungan, hal ini terjadi akibat penyempitan di pembuluh darah.

“Ada penyempitan di pembuluh darah di bagian reproduksinya,” tutur dr. Sarah Picadela, SpOG kepada Medcom.id di Jakarta.

Idealnya, menstruasi seharusnya tidak membuat organ reproduksi perempuan sakit. Penyempitan di pembuluh darah cenderung terjadi akibat gaya hidup yang tidak baik.

“Seharusnya peluruhan rahim terjadi mulus. Ini bisa terjadi karena stres berlebihan, konsumsi makanan tidak sehat, dan lain-lain. Hal-hal semacam ini membuat pembuluh darah macet,” sambung Sarah.

Baca juga: Kanker Penyakit Kedua Terbanyak di Indonesia

Untuk melancarkan peredaran darah, para perempuan bisa mengubah gaya hidup dengan membuat daerah sekitar reproduksi seperti perut dalam keadaan hangat.

“Minum-minuman hangat, minum herbal seperti jamu alami, camomile, mint. Makan sup hangat, Jahe, dan semacamnya,” tuturnya.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman, Anda juga bisa membuat tubuh lebih hangat dari luar.

“Saat menstruasi, Anda bisa mandi air hangat dan mengusap minyak telon atau semacamnya di daerah sekitar panggul. Anda boleh pijat, namun dengan sangat lembut,” tutupnya.

Atasi Mual dan Muntah saat Hamil



(FIR)