Dampak Buruk Anggur Merah bagi Kesehatan Kulit

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Apr 2018 15:42 WIB
kesehatan kulit
Dampak Buruk Anggur Merah bagi Kesehatan Kulit
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tak hanya bagi kesehatan, dampak buruk dari minuman beralkohol juga sangat terlihat pada kulit. Anggur merah salah satu yang sebaiknya paling dihindari. 

Menurut dokter naturopati Dr Isabel Sharkar, sari anggur fermentasi tersebut dapat memicu munculnya rosacea. Orang dengan rosacea mengalami kemerahan di wajah mereka dan jika semakin memburuk, akan muncul jerawat kecil.

Tak hanya itu, anggur merah juga dapat membuat kulit terlihat kemerahan dan bernoda. 

Alkohol adalah vasolidator, artinya membuka pembuluh darah sehingga kulit menjadi memerah dan bengkak. Sementara, gula dalam anggur berpengaruh buruk pada hati karena jumlahnya yang terlalu banyak. 

"Akibatnya, tubuh mendapatkan gula mentah dalam darah sehingga sulit untuk membakar lemak," tambah ahli penyakit dalam Dr Mark Menolascino, dilansir dari Independent.

Gula dalam minuman beralkohol juga menjadi pemicu uatama peradangan. 

Dr Menolascino menyarankan agar menghindari konsumsi alkohol pada malam hari jika ingin wajah terlihat cerah dan kulit menjadi bersih, mengingat minuman ini hanya memberi efek kerusakan kulit sementara. 

"Jika Anda mengonsumsi alkohol, minumlah banyak air karena alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan pastikan menggunakan pelembap pada pagi hari," sarannya. 

Lihat video:




(DEV)