Sifat Dermawan Mengurangi Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 08 Sep 2018 18:26 WIB
stres
Sifat Dermawan Mengurangi Stres
Sifat Dermawan Mengurangi Stres (Foto: shutterstock)

Jakarta: Kedermawanan atau murah hati membuat perasaan menjadi lebih baik. Mengapa bisa demikian?

Sebuah tim penelitian mempelajari dua bentuk amal yang berbeda, satu di mana orang memberi uang kepada mereka yang dekat dengan mereka (dukungan yang ditargetkan) dan lainnya di mana orang memberikan uang untuk amal (dukungan yang tidak ditargetkan).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine: Journal of Biobehavioral Medicine tersebut melakukan dua percobaan untuk mencatat perbedaan antara keduanya dan bagaimana itu mempengaruhi otak.

Dalam percobaan pertama, 45 peserta diberi tugas dan diberi tahu bahwa mereka dapat memenangkan hadiah uang baik untuk seseorang yang dekat dengan mereka, untuk amal, atau untuk diri mereka sendiri.

Setelah semua bentuk pemberian dukungan, para peneliti melakukan MRI fungsional (fMRI) dari individu-individu yang melakukan tugas wajah emosional, di mana mereka menilai emosi pada ekspresi wajah orang.

Dalam scan, kedua bentuk dukungan mengaktifkan ventral striatum otak, yang berkaitan dengan tidak mementingkan diri sendiri, dan area septum. Selain itu, dukungan kepada kelompok yang ditargetkan menunjukkan berkurangnya aktivitas otak di amigdala, struktur otak yang memproses emosi.

Terjadi juga aktivasi amigdala, yang di sisi lain, berarti kecemasan, fobia, dan gangguan stres pasca-trauma.

Pada percobaan berikutnya, 382 peserta penelitian melaporkan perilaku proaktif dan dukungan mereka. Seperti percobaan pertama, para ilmuwan juga meminta peserta melakukan tugas di dalam pemindaian fMRI dari emosi yang berbeda. Hasilnya, orang-orang yang mendukung kelompok sasaran menunjukkan kegiatan otak di amigdala.

Hasilnya menunjukkan bahwa mendukung orang yang Anda kenal dan membutuhkan mengurangi kecemasan dan stres. Para peneliti menyimpulkan bahwa manusia lebih diuntungkan ketika mereka bertindak untuk melayani kesejahteraan orang lain.




 


(ELG)