Kondisi Kulit yang Perlu Diwaspadai saat Hamil

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Jul 2018 18:18 WIB
kehamilan
Kondisi Kulit yang Perlu Diwaspadai saat Hamil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kebanyakan wanita ketika hamil mengalami beberapa kondisi yang berhubungan dengan masalah kulit seperti jerawat, selulit, gatal-gatal, dan masih banyak lainnya.

Namun ada beberapa kondisi kulit, yang bisa juga dianggap tidak normal terjadi selama kehamilan. Apa sajakah itu?

Pembengkakan secara tiba-tiba

Adalah normal jika Anda mengalami pembengkakan saat kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, retensi cairan ekstra ini diperlukan untuk melunakkan tubuh yang memungkinkan untuk menjadi lebih lebar seiring dengan perkembangan bayi. Namun, jika Anda mengalami pembengkakan secara tiba-tiba, misalnya di wajah dan tangan, segera periksakan kondisi Anda untuk mendeteksi kemungkinan preeklamsia yang mengintai ibu hamil.

Gatal yang tak kunjung reda

Ketika terjadi peregangan kulit pada payudara dan perut, secara alami hal itu dapat menyebabkan sedikit gatal. Untungnya, bisa Anda atasi dengan mudah menggunakan losion atau krim yang dapat mengurangi gatal.

Namun jika gatal tak kunjung sembuh, segera periksakan kondisi Anda untuk mendeteksi kolestasis, kondisi yang berhubungan dengan liver, dan biasanya terjadi pada akhir kehamilan. Kondisi ini memicu rasa gatal yang intens, tetapi tanpa ruam. Gatal-gatal biasanya terjadi pada tangan dan kaki, dan dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya.




(DEV)