Lima Makanan yang Dapat Meningkatkan Energi Secara Instan

Raka Lestari    •    Senin, 30 Jul 2018 10:41 WIB
tips kesehatan
Lima Makanan yang Dapat Meningkatkan Energi Secara Instan
(Foto: Abbot Nutrition)

Jakarta: Apakah Anda pernah merasa lelah sepanjang hari? Itu bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti begadang, terlalu lama bekerja, atau karena kurang tidur. Namun, merasa lelah atau tidak bersemangat juga bisa terjadi karena pola makan yang salah. Pola makan berpengaruh terhadap cara otak berfungsi. 

Dikutip dari Express, ada beberapa makanan yang bisa membangkitkan energi Anda secara instan.

Alpukat

Ahli gizi ternama Seana Forbes mengatakan, selain lezat dan serbaguna, alpukat juga sangat berenergi. 

"Alpukat kaya akan kalori dan kandungan lemak yang sehat, termasuk asam lemak omega 3 dan omega 6 dapat melawan kolesterol jahat, meningkatkan aliran darah ke otak, dan membantu tubuh menyerap nutrisi lainnya. Selain itu, alpukat memiliki banyak protein dibandingkan buah lainnya.

Karena kita membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein untuk energi berkelanjutan, kombinasi nutrisi inilah yang menjadikan alpukat sebagai penambah energi yang luar biasa.

Apel

Apel kaya akan fruktosa, gula alami yang ditemukan dalam buah. Fruktosa adalah sumber energi yang disukai tubuh dan otak. Apel juga dapat membantu mengurangi rasa lapar, atau mengidam makanan manis yang mungkin Anda alami sepanjang hari.

Kacang Macadamia

Kacang macadamia adalah camilan terbaik untuk mengurangi kelelahan dan rasa lapar. Kacang macadamia adalah sumber energi yang padat, mengandung semua makronutrien utama seperti protein, karbohidrat dan lemak baik. Namun, perlu diingat meskipun kacang baik untuk Anda, kacang memiliki kalori yang tinggi sehingga tak boleh berlebihan.

Blueberry

Blueberry tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga dapat meningkatkan energi dan fungsi otak Anda. 

"Blueberry adalah sumber mangan yang baik, unsur kimia yang sering ditemukan dalam mineral yang dikombinasikan dengan zat besi, yang memainkan peran penting dalam membantu aktivitas metabolisme tertentu dalam tubuh, salah satunya adalah mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Studi juga menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu mencegah kehilangan memori dan penurunan kognitif," ujar Seana. 

Matcha

Matcha terbuat dari daun teh yang telah digiling menjadi bubuk hijau halus, karena itu mengandung semua mineral, antioksidan dan asam amino yang ditemukan di dalam daun. 

"Tidak seperti kopi, kafein dalam matcha diserap sangat lambat, matcha juga memberi Anda dorongan energi yang berkelanjutan daripada hanya lonjakan energi. Ini karena kombinasi kafein dan l-theanine, asam amino langka yang menghasilkan efek ajaib matcha seperti peningkatan konsentrasi dan perhatian," kata Seana. 




(DEV)