Manfaat Teh Kunyit Selain Turunkan Berat Badan

Raka Lestari    •    Kamis, 02 Aug 2018 12:27 WIB
tips kesehatan
Manfaat Teh Kunyit Selain Turunkan Berat Badan
(Foto: Saffron Traail)

Jakarta: Kebanyakan orang menggunakan teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa teh kunyit juga memiliki khasiat yang sama?

Kunyit sendiri memiliki banyak senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah minyak atsiri, kalium, asam lemak omega-3, asam linolenat, protein, karbohidrat, serat, dan sebagainya. 

Berikut adalah manfaat dari konsumsi kunyit bagi tubuh, yang lebih nikmat dikonsumsi dalam bentuk teh. 

1. Bersifat anti inflamasi

Obesitas atau lemak perut yang berlebihan berkaitan dengan peradangan. Sifat anti inflamasi kunyit membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif sehingga membantu melawan tonjolan di sekitar perut secara efektif.

2. Mencegah sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah faktor risiko yang berhubungan dengan obesitas dan diabetes. Gejalanya adalah akumulasi lemak di sekitar perut yang menyebabkan perubahan metabolik. 

Kunyit membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi, mengontrol kadar trigliserida, dan menjaga gula darah sehingga membalikkan sindrom metabolik dan membantu menurunkan berat badan.

3. Bagus untuk pencernaan

Sistem pencernaan yang baik adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Teh kunyit membantu menghilangkan kembung dan meningkatkan gerakan usus yang berperan dalam menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan produksi empedu

Konsumsi teh kunyit secara teratur meningkatkan fungsi hati dan membantu meningkatkan produksi empedu yang membantu dalam pengemulsi lemak dan metabolisme. 

5. Membantu mengatur kadar gula darah

Teh kunyit membantu mengatur kadar gula dan mencegah resistensi insulin sehingga lemak berlebih tidak tertahan di tubuh.

Lihat video:




(DEV)