Berapa Banyak Botol Susu yang Sebaiknya Dimiliki Bayi?

Raka Lestari    •    Senin, 14 May 2018 11:17 WIB
tumbuh kembang bayi
Berapa Banyak Botol Susu yang Sebaiknya Dimiliki Bayi?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tidak sedikit bayi hanya memiliki satu atau dua botol susu saja. Padahal, jumlah tersebut kurang. 

Dilansir dari Baby Center, jumlah botol yang dibutuhkan bayi berkisar 4 hingga 12, tergantung apakah bayi disusui langsung atau mengonsumsi susu formula sebagai tambahan. 

Laman tersebut juga merekomendasikan untuk mulai memberi bayi botol bayi berukuran 4-ons dan pindah ke botol berukuran 8 atau 9-ons ketika bayi Anda sudah memasuki usia 4 bulan. 

Menurut Trimester Talk, jika Anda memberi susu formula, maka jumlah botol yang Anda butuhkan akan bervariasi tergantung pada seberapa sering Anda mencuci dan mensterilkan botol. 

Bahkan jika Anda  menyusui, Anda mungkin perlu memiliki beberapa botol jika Anda harus pergi keluar, atau kembali bekerja. Namun Anda perlu berhati-hati ketika ingin mempekenalkan botol pada bayi Anda. 

"Penting bagi bayi untuk disusui sebelum Anda mengenalkannya pada botol, dan proses ini sering memakan waktu empat hingga enam minggu," kata Gina Ciagne, konselor laktasi bersertifikat dan direktur senior hubungan profesional di Lansinoh Laboratories. 

Ketika bayi diberikan botol sebelumnya, mereka cenderung lebih menyukai menyusui melalui botol yang dapat menyebabkan keengganan untuk menyusui.

Saat memilih botol untuk bayi, beberapa hal harus dipertimbangkan. Menurut BabyGearLab, ada empat jenis botol utama: plastik, kaca, stainless steel, dan silikon. Setiap pilihan memiliki keunggulan dan kelemahan. Misalnya, botol plastik ringan dan harganya cukup murah biasanya cukup rentan dengan bahan kimia di plastik. 

Di sisi lain, botol kaca biasanya lebih berat daripada plastik dan mudah pecah, tetapi lebih mudah dibersihkan, lebih sulit untuk tergores, awet, dan ramah lingkungan. 




(DEV)