Selain Pandai Bekomunikasi, 6 Manfaat Ini akan Anda Rasakan jika Rajin Membaca

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 24 Apr 2018 10:27 WIB
tips & trik
Selain Pandai Bekomunikasi, 6 Manfaat Ini akan Anda Rasakan jika Rajin Membaca
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Selain mendengarkan musik, membaca menjadi salah satu cara untuk merileksasi pikiran. Tak hanya itu, membaca juga dapat memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan.  

Para ahli mengurai manfaat membaca seperti berikut ini, dilansir dari The Health Site. 

1. Olahraga otak

Membaca adalah bentuk olahraga yang menyenangkan untuk otak. Dengan membaca, tak hanya fungsi kognitif Anda saja yang mengalami peningkatan, tetapi juga pembendaharaan kosakata yang membuat Anda semakin cakap berkomunikasi. 

2. Mengurangi stres

Stres adalah pembunuh terbesar. Pikiran stres memberi dampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Membaca buku dapat menghilangkan tekanan dan membawa Anda ke dunia yang berbeda dengan kenyataan. 

3. Meningkatkan ingatan

Membaca membantu meningkatkan ingatan karena membuat otak perlu mengingat hal-hal seperti nama karakter dan detail dalam cerita. 

4. Meningkatkan kemampuan analisa

Buku adalah dunia virtual yang membuat pembaca merasa terlibat. Dengan demikian, kemampuan analisa pun ikut diasah saat proses membaca dilakukan.

5. Melatih kemampuan konsentrasi

Membaca buku membuat konsentrasi lebih baik dan melatih kesabaran. Kegiatan tersebut membutuhkan konsentrasi tinggi.

6. Ketenangan batin

Membaca buku mendorong ketenangan batin karena menambah ilmu dan memberi perasaan puas. Jika Anda memiliki buku, berarti Anda memiliki teman. 

7. Mengatur tekanan darah dan membakar kalori

Membaca adalah aktivitas otak yang dapat membakar kalori dan membantu mengatur kadar tekanan darah, asalkan tidak dilakukan sambil mengemil. 

Lihat video:




(DEV)