5 Kebiasaan saat Hamil yang Dikaitkan dengan Kecerdasan Anak

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Jul 2018 15:38 WIB
kehamilan
5 Kebiasaan saat Hamil yang Dikaitkan dengan Kecerdasan Anak
(Foto: iStock)

Jakarta: Beberapa hal yang terjadi selama kehamilan ataupun kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan ternyata bisa memiliki efek kepada bayi setelah dilahirkan, terutama berkaitan dengan kecerdasan.

Dikutip dari Romper, berikut beberapa hal yang terjadi selama kehamilan yang dapat menentukan kepribadian dan kecerdasan bayi Anda.

1. Tingkat stres

Tingkat stres yang Anda alami selama kehamilan berperan penting pada kehidupan bayi Anda. Live Science menemukan bahwa paparan hormon stres memiliki dampak panjang pada bayi. 

Peneliti studi Elysia Poggi Davis dan Pilyoung Kim menemukan bahwa area otak yang berhubungan dengan pengaturan emosi dapat lebih tipis pada anak-anak yang terkena banyak glukokortikoid ketika mereka berada di rahim.

2. Olahraga

Selain bermanfaat bagi kesehatan, berolahraga saat kehamilan juga dapat memiliki efek jangka panjang bagi bayi. Peneliti menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan jumlah neuron di hippocampus pada bayi, yang berhubungan dengan pembelajaran dan ingatan. 

3. Morning sickness

Meskipun kebanyakan wanita hamil tidak menyukai morning sickness yang mereka alami, studi pada tahun 2009 menemukan bahwa morning sickness berkaitan dengan perkembangan mental dan kecerdasan anak. Saat wanita mengalami lebih banyak morning sickness, anak-anak tersebut mendapatkan skor lebih tinggi pada aspek tertentu dalam tes kecerdasan. 

4. Masalah tiroid

Menurut Dr Lise Eliot, PhD, kekurangan atau kelebihan hormon tiroid dalam darah dapat sangat merugikan bayi. Tingkat hormon tiroid yang terlalu rendah dikaitkan dengan IQ yang lebih rendah pada anak-anak. 

5. Konsumsi Omega-3

Dilaporkan BBC, omega-3 berperan penting untuk kecerdasan anak. 





(DEV)