Ini Cara Ponsel Memicu Keriput di Kulit

Torie Natalova    •    Jumat, 06 Apr 2018 16:43 WIB
kesehatan kulit
Ini Cara Ponsel Memicu Keriput di Kulit
Bukan hanya cahaya HEV yang dapat menyebabkan penuaan dini, mengerutkan dahi atau wajah untuk melihat sesuatu yang kecil dapat memiliki efek besar pada kulit Anda. (Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

Jakarta: Sebuah penelitian baru menunjukkan dampak buruk lain dari cahaya biru yang dikeluarkan ponsel cerdas Anda. Cahaya biru yang juga dikenal sebagai cahaya HEV tersebut dapat menyebabkan penuaan dini seperti kulit keriput.

Dilansir dari Redonline.co.uk, diketahui cahaya HEV adalah cahaya berenergi tinggi yang tampak berwarna biru dan cukup dekat dengan sinar ultraviolet pada spektrum elektromagnetik. Ini berarti HEV bisa juga merusak kulit sama seperti mereka dapat merusak mata Anda.

Ketika menggunakan ponsel, laptop, tablet dan layar komputer setiap hari, Anda berarti telah menerima paparan cahaya berbahaya ini setiap hari.

Sebuah studi 2010 menunjukkan bahwa panjang gelombang cahaya ini dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam, membuatnya berpotensi lebih invasif. Konsekuensinya termasuk penuaan dini, kerutan, dan pigmentasi kulit.

Anda mungkin tidak dapat berjauhan dengan ponsel atau laptop, tapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dari efek buruk cahaya gawai Anda.

(Baca juga: Suntik atau Mengonsumsi Minuman Berkolagen, Mana yang Paling Efektif Bikin Kulit Awet Muda?)


(Sebuah studi 2010 menunjukkan bahwa panjang gelombang cahaya ini dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Foto: Bruce Mars/Unsplash.com)

1. Menggunakan SPF
Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menerapkan SPF tinggi setiap hari. Seperti halnya sinar UV, cahaya HEV dapat merusak proses alami kulit, menyebabkan penuaan dini pada banyak wanita.

2. Batasi waktu menggunakan gawai
Mungkin sebaiknya Anda mencoba melakukan detoks digital dan membatasi menatap layar gawai Anda. Ini penting dilakukan untuk membantu kulit Anda beregenerasi dan beristirahat dari cahaya.

3. Kurangi mengerutkan kening
Bukan hanya cahaya HEV yang dapat menyebabkan penuaan dini, mengerutkan dahi atau wajah untuk melihat sesuatu yang kecil dapat memiliki efek besar pada kulit Anda dan dapat meningkatkan penuaan dini melalui gerakan otot ini. Hindari kebiasaan ini dengan memastikan menggunakan ponsel di dalam ruangan atau tempat yang dapat membuat Anda melihatnya dengan jelas.

4. Perawatan kulit
vitamin C dan Hyaluronic Acid adalah dua bahan yang dapat membantu perawatan kulit Anda. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen yang mencegah keriput.

Pastikan Anda melakukan perawatan kulit di siang dan malam hari secara teratur untuk melindungi kulit dari layar ponsel. Menggunakan krim malam yang cocok dengan kulit Anda akan sangat baik sehingga kulit dapat pulih semalaman sebelum memulai hari yang baru lagi.






(TIN)