8 Tanda Anda Kurang Makan Sayur

Torie Natalova    •    Sabtu, 06 Oct 2018 06:00 WIB
kesehatansayuran
8 Tanda Anda Kurang Makan Sayur
8 Tanda Anda Kurang Makan Sayur (Foto: gettyimages)

Jakarta: Meskipun Anda mungkin mengetahui manfaat rutin mengonsumsi sayuran bagi tubuh, Anda pasti sering juga melewatkan untuk memasukkan sayuran dalam menu sehari-hari.

Jangan anggap remeh makan sayuran, karena kekurangan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dapat memicu beberapa masalah kesehatan dan mengganggu aktivitas Anda. Salah satu tanda Anda kekurangan sayuran adalah sering merasa kelelahan.

Jika Anda sering merasa lelah sepanjang waktu dan tidak mengetahui penyebabnya, cobalah cek menu makanan Anda. Sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan manusia untuk meningkatkan energinya. Semakin gelap warna sayuran, semakin besar kandungan magnesium yang dapat membantu meningkatkan produksi energi.

Selain kelelahan, beberapa tanda Anda kurang mengonsumsi sayuran seperti:

1. Kulit memar seperti buah persik
Jika setiap goresan, atau luka kecil menghasilkan luka memar yang parah dan menyakitkan, ini bisa jadi karena rendahnya asupan sayuran. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit lebih memar dari normal karena vitamin C membantu penyembuhan dan produksi kolagen.

2. Sembelit
Anda mungkin merasakan sembelit, perut mengandung gas dan kembung. Tidak cukup makan sayuran dapat memicu sembelit karena sayur merupakan serat terbaik.

3. Selalu merasa lapar
Serat dalam sayuran tak hanya membantu memperlancar pencernaan tapi juga membantu mengisi perut lebih lama.

4. Berat badan bertambah
Jika Anda tidak cukup makan sayuran, Anda kemungkinan besar akan mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Sayuran dapat mengisi perut Anda tanpa menambahkan kalori ke diet Anda.

5. Jerawatan
Dokter kulit Jessica Wu merekomendasikan sayuran merah, kuning dan hijau yang mengandung antioksidan untuk lebih sering dikonsumsi, terutama jika inginkan kulit bersih bebas jerawat. Ini karena antioksidan membantu melawan kerusakan kolagen seiring bertambahnya usia.

6. Sering sakit
Sistem kekebalan akan melemah karena tidak mendapatkan cukup nutrisi yang bisa diperoleh dari sayuran. Sayuran hijau berwarna gelap dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Menjadi sering lupa
Sering melupakan hal-hal yang sederhana? Makan lebih banyak sayuran karena lutein yang terdapat dalam sayuran membantu meningkatkan ingatan dan keterampilan kognitif lainnya.

 


(ELG)