Anda Sering Melupakan Hal Penting? Ini Metode Ampuh Mengingatnya

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 02 Jan 2019 16:56 WIB
kesehatan
Anda Sering Melupakan Hal Penting? Ini Metode Ampuh Mengingatnya
Cara ini untuk membantu penderita demensia menangkal penurunan memori. (Foto Ilustrasi: Nik Shuliahin.Unsplash.com)

Jakarta: Rasanya dulu kita seringkali diminta orangtua buat belanja ke supermarket dekat rumah. Padahal serial kartun yang nongol di televisi sedang seru-serunya.

Sebagai anak yang berbakti, tentu kita manut saja dan segera berangkat ke lokasi tujuan. Namun, sesampainya di sana tetiba pikiran jadi kosong. Barang-barang hendak dibeli tadi hilang dari ingatan.

Jika pernah merasakan hal seperti ini, tenang saja, Anda tidak sendirian. Malah kata Melissa Meade, ilmuwan saraf kognitif dari University of Waterloo, Kanada, hal ini pernah terjadi pada setiap orang.

"Ini terjadi pada semua orang setiap saat. Makanya ada orang yang mencatat hal-hal yang tidak ingin mereka lupakan," kata Meade, mengutip Times of India.

Tapi ketimbang mencatat, kata Meade, ada metode yang lebih ampuh dalam membantu Anda mengingat sesuatu. Yaitu dengan cara menggambarkan hal yang tak ingin Anda lupakan.

"Sesuai studi baru kami, menggambar merupakan tindakan multifaset yang lebih baik diterima memori daripada menulis," ujarnya.

Dalam studi ini, Meade melakukan percobaan yang melibatkan 48 orang dewasa dari berbagai kelompok umur. Mereka diminta untuk mengingat kata-kata yang diberikan.

"Termasuk juga menulis dan menggambar untuk membantu mereka mengingat sandi," lanjutnya.

Pada akhir studi, ditemukan bahwa peserta penelitian itu lebih mengingat kata-kata yang mereka gambarkan. Ini justru bertentangan dengan kata-kata yang mereka tulis.

"Tidak masalah seberapa baik atau buruk gambar Anda, tetapi itu memiliki dampak besar pada ingatan Anda," ungkapnya.

Menurut Meade studi ini diharapkan bisa menjadi cara untuk membantu penderita demensia menangkal penurunan memori. Apalagi pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode menggambar bermanfaat bagi orang tua untuk meningkatkan daya ingat mereka.

Lawan Faktor "U" Agar Tetap Sehat dan Produktif 



(FIR)