Mengapa Orang Kurus Bisa Kena Kolesterol Tinggi?

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 22 Feb 2019 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Mengapa Orang Kurus Bisa Kena Kolesterol Tinggi?
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Jakarta: Kolesterol tinggi bisa menyerang siapa saja. Tak memandang jenis kelamin, usia, kurus, ataupun gemuk. 

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat tahun 2008, menemukan bahwa sekitar seperempat orang di negara tersebut tidak mengalami kelebihan berat badan, namun berisiko terserang penyakit berbahaya berupa jantung, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Lantas, apa penyebab orang kurus juga bisa mengidap kolesterol tinggi? 

1. Kurang Olahraga 

Dikutip Healthline, orang bertubuh kurus cenderung kurang atau tidak berolahraga. Akibatnya, terjadi peningkatan asam lemak jenuh dalam tubuh yang mengarah pada melonjaknya kolesterol.

2. Kebiasaan Makan Buruk

Orang berutubuh kurus terkadang kurang memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Makan semaunya karena merasa tubuhnya tak akan gemuk. Tak heran kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Hal ini disebabkan konsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan berkolesterol tinggi. Misal, margarin, makanan manis, daging merah, dan seafood.

3. Kurang Aktivitas

Gaya hidup yang tidak aktif (kurang bergerak) menjadi salah satu faktor timbulnya banyak penyakit. Individu yang mengalami obesitas biasanya akibat dari kurang aktivitas fisik. Mereka lebih banyak duduk. Akibatnya, asam lemak jenuh akan menumpuk dan kadar kolesterol jahat akan meningkat.

4. Minum Alkohol Berlebihan

Beberapa orang bertubuh kurus mengonsumsi banyak minuman beralkohol untuk mengisi perut mereka. Alkohol berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Stres Kronis

Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan kadar kolesterol menghasilkan respons biologis tubuh terhadap stres yang melibatkan penumpukan sumber energi, seperti asam lemak dan glukosa, sehingga menambah berat badan.

Oleh karena itu, The American Heart Association merekomendasikan agar Anda melakukan pengecekan kolesterol setiap empat atau enam tahun sekali, dimulai saat usia 20 tahun. Bila keluarga Anda termasuk dalam golongan kolesterol tinggi, sebaiknya kontrol kolesterol sejak dini dan lebih sering. 

Untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol, biasakan minum Nutrive Benecol setiap hari. Nutrive Benecol telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu dan membantu mengurangi risiko jantung koroner.
 
Nutrive Benecol juga mengandung Plant Stanol. Ini adalah senyawa alami yang banyak terdapat dalam tanaman yaitu rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya. Plant Stanol bekerja dalam tubuh dengan cara berkompetisi dengan kolesterol dan makanan yang masuk dalam saluran cerna agar tidak diserap oleh usus halus.
 
Untuk mencapai manfaat maksimal, Anda harus minum dua sajian sehari setelah makan. Tersedia  varian smoothies dengan rasa enak, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. 

Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol!


(ROS)