Gejala Keterlambatan Perkembangan Anak yang Mirip Autisme

Torie Natalova    •    Kamis, 20 Dec 2018 07:19 WIB
kesehatan
Gejala Keterlambatan Perkembangan Anak yang Mirip Autisme
Ilustrasi (Foto: Picsea/Unsplash.com)

Jakarta: Gangguan spektrum autisme (ASD) dan keterlambatan perkembangan pada anak ternyata memiliki gejala yang serupa. Banyak orang tua yang melewatkan gejala ASD karena menganggap anak mereka hanya mengalami keterlambatan perkembangan.

Praktisi anak menilai, terkadang orang tua membuat kesalahan dengan memusatkan perhatian pada satu gejala yang mungkin membawa mereka ke diagnosis tertentu. Mereka tidak mempertimbangkan kriteria klinis lain apa yang bisa membuat diagnosis tersebut terjadi.

Jadi, sebelum orang tua memahami bahwa anak mereka termasuk dalam spektrum ASD, penting untuk mereka mempertimbangkan apa yang disebut peniru diagnostik. Ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan gejala seperti ASD pada anak, tapi tidak berhubungan dengan gangguan tersebut.

1. Masalah Penglihatan
Gejala ASD yang paling sering diperhatikan adalah perilaku sosial. Tetapi, perilaku sosial dapat terpengaruh ketika bayi mengalami masalah dengan indera mereka. Jika penglihatan bayi tidak berkembang, ia akan kesulitan berinteraksi dengan orang tua.

2. Sulit Berkomunikasi
Anak-anak yang memiliki masalah pendengaran dapat mengalami keterlambatan berbicara dan terkadang ini mengarah pada gangguan spektrum autisme. Tapi, keterlambatan bicara pada spektrum austime tidak memiliki masalah pada pendengaran di kedua telinga. 

Namun, anak yang memiliki keterlambatan berbicara berhubungan dengan masalah keterlibatan visualnya.

3. Masalah Perilaku karena Gangguan Proses Sensorik
Anak-anak dengan ASD biasanya dianggap sensitif terhadap input sensorik tertentu. Namun, ada anak-anak yang tidak dalam spektrum tapi sangat sensitif terhadap suara dan sentuhan.

4. Cacat Intelektual Umum
Setiap anak yang didiagnosis ASD, ada satu hingga diagnosis dengan bentuk lain dari kecacatan intelektual seperti Fetal Alcohol Syndrome atau Down Syndrome. Faktanya adalah bahwa mereka cacat intelektual umum jauh lebih umum daripada ASD.

Jadi, untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan bahasa sangat awal, pikirkan tentang gangguan bahasa, kemudian cacat intelektual, hal ketiga yang harus Anda pikirkan adalah ASD.

5 Autisme dan Gangguan Psikologis
Beberapa anak yang lebih tua dapat mengembangkan perilaku canggung dan menarik diri secara sosial. Ini adalah gejala yang juga berkaitan dengan gangguan psikologis seperti gangguan obsesif kompulsif atau gangguan kecemasan.


(FIR)