Hati-Hati, 3 Bahan Lip Balm Ini Bisa Menyebabkan Iritasi

Torie Natalova    •    Sabtu, 12 Nov 2016 15:00 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Hati-Hati, 3 Bahan Lip Balm Ini Bisa Menyebabkan Iritasi
Hati-Hati, 3 Bahan Lip Balm Ini Bisa Menyebabkan Iritasi (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada jutaan produk di luar sana yang memberikan jaminan untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat. Tetapi, pada kenyataannya, kekeringan pada bibir berawal dari saat Anda membeli produk tersebut.

Lip balm dengan aroma buah-buahan memang sangat menggoda untuk digunakan. Tetapi, ada beberapa produk yang mengandung bahan yang tidak diperlukan dan justru bisa membuat bibir pecah-pecah semakin parah.

Menurut Diane Madfes, juru bicara American Academy of Dermatology, bagian yang terpenting untuk membeli produk lip balm adalah mencari kombinasi bahan-bahan yang bertindak seperti pelembap dan bahan-bahan yang bertindak seperti perekat atau pelapis.

Kehangatan dari bibir dapat melelehkan lip balm sehingga bahan pelembap dapat diserap oleh kulit yang kering dan komponen seperti perekat dapat melapisi bibir untuk menciptakan lapisan pelindung.

"Lapisan ini mencegah bibir kehilangan air dari penguapan dan menguncinya. Jadi, jika Anda memiliki produk dengan kombinasi pelembap dan pelapis, Anda dapat mendapatkan manfaat dari keduanya," kata Madfes.

Dia juga menyarankan untuk mencari pelembap seperti minyak shea butter atau evening primrose dan sealer yang seperti lilin lebah.

Langkah penting untuk memilih perlindungan bibir adalah memastikan Anda memiliki SPF atau tabir surya. Banyak orang yang tidak melindungi bibir dari sinar matahari. Apabila lip balm Anda tidak mengandung SPF, terapkan lip balm pada bibir, setelah kering lapisi dengan SPF.

Untuk menjaga bibir tetap lembap, periksa daftar bahan lip balm Anda. Hindari tiga bahan ini yang dapat mengiritasi kulit bibir Anda.

1. Pewangi atau perasa
Memang, lip balm dengan aroma permen karet sangat menggoda untuk dipakai. Tetapi, jauhi lip balm dengan pewangi jika bibir Anda mengalami pecah-pecah. Banyak orang yang sebenarnya memiliki alergi atau reaksi lain terhadap wewangian yang ada dalam lip balm. Aroma pada lip balm membuatnya lebih wangi dan memikat, tetapi ini adalah penyebab terbesar iritasi.

2. Mentol atau fenol
Meskipun memang bahan mentol atau fenol dapat memberi sensasi dingin pada bibir, bukan berarti ini dapat menyembuhkan bibir yang pecah-pecah. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan membuat bibir lebih sensitif.

3. Vitamin E
Ada beberapa orang yang memiliki alergi dengan bahan topical vitamin E. Jika Anda tidak mengetahui riwayat alergi terhadap vitamin E, sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung vitamin E untuk melembapkan bibir Anda.




(ELG)