Makanan Berat Ini Ternyata Sehat untuk Sarapan

Nia Deviyana    •    Minggu, 06 Nov 2016 09:56 WIB
tips kesehatan
Makanan Berat Ini Ternyata Sehat untuk Sarapan
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada waktu sarapan, mungkin hanya segelintir orang yang memilih makan makanan berat. Rata-rata biasanya lebih suka makan roti, telur, atau sereal.

Padahal, untuk dapat menunjang aktivitas hingga siang hari, Anda harus makan dengan cukup kalori.

Berikut, rekomendasi menu sarapan sehat bernutrisi untuk menunjang aktivitas Anda.

1. Beras merah dan sup kacang merah

Makanan tinggi karbohidrat umumnya cepat menaikan kadar gula darah, dan cepat menurunkannya kembali. Alhasil, Anda cepat mengantuk setelah makan.

Namun, karbohidrat yang dimiliki beras merah dan kacang merah merupakan karbohidrat kompleks sehingga Anda tidak akan mudah mengantuk setelah makan makanan ini.

Kacang merah dan beras merah juga merupakan makanan bernutrisi tinggi karena mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin B12, serta protein. Masak sup kacang merah dengan saus tomat agar masakan terasa gurih dan mampu menggugah selera.

2. Beras merah, salmon asap dan bayam

Ikan asap memberi nutrisi protein dan asam lemak omega-3. Sementara bayam, mencukupi kandungan serat untuk kesehatan pencernaan Anda. Kombinasikan dua menu tersebut dengan beras merah untuk mendapatkan karbohidrat sebagai energi.

3. Kentang dan dada ayam panggang

Banyak orang mengira makanan ini lebih cocok disantap pada saat makan siang. Padahal, menu ini juga baik untuk sarapan mengingat kandungan kalorinya yang dipastikan mampu menunjang aktivitas Anda hingga siang hari.

Dengan menu ini, Anda juga tidak akan terlalu lapar pada siang hari sehingga Anda dapat menekan keinginan makan banyak pada siang hari.
 


(DEV)