Penyebab Anda Kehilangan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Torie Natalova    •    Senin, 07 Nov 2016 10:00 WIB
kesehatan
Penyebab Anda Kehilangan Pendengaran dan Cara Mengatasinya
Salah satu cara untuk mencegah kerusakan telinga yakni jangan terlalu keras saat mendengarkan musik. (Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu panca indra yang penting bagi tubuh adalah telinga. Ketika pendengaran terganggu, Anda akan merasa sangat tidak nyaman. Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan telinga untuk mengurangi risiko kehilangan pendengaran.

Banyak orang bisa mengalami kehilangan pendengaran jika terlalu sering menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga. Ini bisa melukai telinga dan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam sehingga meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Suara dari pengeras suara saat mendengarkan konser musik juga dapat merusak telinga Anda.

(Baca juga: Cara Sederhana Sembuhkan Telinga Tersumbat)

Selain itu, penyakit seperti infeksi meningitis dan telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Begitu pun jika wanita yang sedang hamil mengalami sakit parah, ini bisa membuat pendengaran anak yang dikandungnya mengalami gangguan.

Telinga juga dapat menua seperti organ tubuh manusia lainnya. Secara alami, inilah penyebab orang mengalami gangguan pendengaran seiring bertambahnya usia. 

Tidak menggunakan perlindungan yang tepat saat menyelam atau tidak melakukan olahraga air dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan telinga. Menyelam sangat membutuhkan pelatihan dan kehati-hatian untuk mencegah cedera telinga.

Adapun beberapa cara untuk mencegah kerusakan telinga yakni jangan terlalu keras saat mendengarkan musik, menggunakan perlindungan yang aman untuk telinga saat melakukan olahraga air, jika ingin menggunakan ear wax sebaiknya minta bantuan profesional untuk melakukannya. Dan apabila Anda memiliki bayi, pastikan untuk membersihkan telinga tidak terlalu dalam, dan minta dokter untuk mengecek kesehatan telinganya secara berkala.







(TIN)