ASI Percepat Kematangan Saluran Cerna Bayi

Media Indonesia    •    Selasa, 29 Nov 2016 17:00 WIB
kesehatan
ASI Percepat Kematangan Saluran Cerna Bayi
(Foto:regnancyandbaby.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saluran cerna bayi baru lahir belum sempurna. Konsumsi air susu ibu (ASI) diketahui membantu mempercepat pematangan saluran cerna tersebut.

"Sel-sel permukaan usus bayi baru lahir belum tersusun rapat. Ada celah yang memungkinkan kuman masuk. Itu tentu sangat berbahaya. Tapi ASI mengandung antikuman yang bisa melawan kuman tersebut dan mempercepat penyempurnaan saluran cerna bayi," ujar dokter spesialis anak Badriul Hegar pada diskusi kesehatan yang digelar merek susu formula Nan di Jakarta, pekan lalu.

Ia menjelaskan, pada bayi baru lahir, enzim pencernaannya juga belum bekerja optimal. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena ASI juga dilengkapi dengan enzim pencernaan. Dari sisi kalori, ASI mengandung kalori tinggi sehingga cocok untuk ukuran bayi yang kecil.

"Ukuran lambung bayi kecil, tapi dia membutuhkan banyak kalori untuk bertumbuh kembang," imbuh konsultan pencernaan anak itu.

Pada kesempatan sama, pakar gastroentrologi dari Belgia Yvan Vanderplas menjelaskan manfaat susu terhidrolisis parsial untuk bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI dan berpotensi alergi susu sapi biasa.

"Protein susu sapi yang sudah melalui proses hidrolisis parsial terbukti mampu menekan kejadian alergi," ujarnya.


(DEV)