3 Hal yang Harus Diperhatikan Pekerja Shift Malam agar Tak Mudah Sakit

Nia Deviyana    •    Minggu, 16 Jul 2017 19:01 WIB
tips kesehatan
3 Hal yang Harus Diperhatikan Pekerja Shift Malam agar Tak Mudah Sakit
(Foto: Llifehack)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bekerja shift malam dapat memengaruhi kesehatan, terutama jika Anda tidak mengatur gaya hidup dengan baik.

Untuk Anda pekerja shift malam, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tetap bugar dan terhindar dari penyakit, seperti dilansir dari The Health Site.

1. Olahraga

Olahraga teratur tak hanya membuat Anda menjadi lebih fokus di tempat kerja, tetapi juga membantu Anda tidur nyenyak pada pagi hari sembari membantu transisi tubuh dari pagi ke malam.

Merasa tak punya waktu cukup waktu untuk berolahraga? pakar kebugaran Roshni Shah memberi beberapa tips.

- Berjalan kaki kapan pun Anda bisa. Jika berangkat kerja menggunakan bus, Anda bisa turun agak jauh dari kantor agar bisa berjalan kaki. Jika perlu, mulailah untuk meninggalkan lift dan membiaskan diri menggunakan tangga.

- Lakukan peregangan setiap jam saat bekerja. Peregangan dapat meredakan ketegangan di area bahu, leher, dan punggung akibat stres. Peregangan juga memperbaiki aliran darah sehingga membuat Anda rileks dan mudah tidur pada siang hari.

- Jika punya waktu, ikutlah kelas yoga. Olahraga yang mengandalkan meditasi ini dapat membantu Anda agar tetap fokus dan tidur nyenyak pada siang hari.

2. Pola makan

Jam sirkardian tubuh tak hanya membantu Anda mencerna makanan dengan baik, tetapi juga membantu Anda agar tetap terjaga. Pada pekerja shift malam, seringkali mengalami masalah seperti gastrointestinal dengan gejala mulas, konstipasi, dan naiknya asam lambung antara pukul 9 malam hingga 5 pagi.

Ahli gizi Priya Kathpal berbagi tips pola makan sehat untuk Anda pekerja shift malam.

- Orang cenderung makan makanan yang tidak sehat ketika mengantuk. Mulai sekarang, coba tinggalkan camilan asin dan menggantinya dengan sayuran mentah, kacang almond, atau kismis. Makanan berbasis gandum juga bisa membuat Anda merasa kenyang dan produktif lebih lama.

- Mengonsumsi makan malam porsi besar juga bisa membuat Anda lesu dan lelah. Lebih disarankan makan dengan porsi kecil tetapi sering daripada langsung makan dengan porsi besar.

- Cukupi asupan cairan. Namun, hindari terlalu banyak minum di jam-jam terakhir shift Anda karena bisa membuat Anda terus ke kamar mandi sehingga mengganggu jam tidur.

- Kurangi juga asupan kafein karena bis membuat Anda terjaga di siang hari. Konsumsi jus, air, dan susu sebagai gantinya.

3. Jangan berganti shift terlalu sering

Terjaga sepanjang malam membuat tubuh harus menyesuaikan diri. Berganti ganti shift terlalu sering akan membuat jam sirkardian tubuh kacau sehingga Anda rentan terserang penyakit.

Terakhir, pakai kacamata hitam ketika pulang bekerja shift malam. Kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar matahari yang bisa mengacaukan jam tubuh Anda.


(DEV)