Selain Es Batu, 4 Bahan Alami Ini Bisa Obati Gatal Akibat Digigit Semut

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Apr 2017 11:46 WIB
tips & trik
Selain Es Batu, 4 Bahan Alami Ini Bisa Obati Gatal Akibat Digigit Semut
(Foto: Stayathomemum)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski tidak berbahaya, rasa gatal karena gigitan semut menimbulkan rasa tak nyaman. Apalagi jika digaruk terus menerus, kulit bisa menjadi iritasi dan kemerahan.

Selain dioles dengan salep, berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi gangguan yang diakibatkan gigitan semut.

1. Es batu

Es batu adalah obat alami yang cocok untuk semua jenis gigitan serangga. Menempelkannya pada kulit yang digigit dapat mengurangi peradangan, nyeri, dan pembengkakan.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan anti-peradangan untuk melawan racun. Gosoklah kulit yang tergigit dengan beberapa tetes minyak kelapa agar rasa gatal dan bengkak berkurang.

3. Lidah buaya

Baahan alami ini memang baik untuk kulit karena memberi efek pendingin dan membantu mengurangi rasa nyeri dan gatal. Ambil potongan lendir lidah buaya yang tempelkan pada bagian kulit yang digigit.

4. Teh Celup

Kantong teh memiliki kandungan anti-inflamasi karena bersifat asam tanat sehingga mampu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan. Basahi kantong teh dan tekan dengan lembut pada bagian yang tergigit semut.

5. Cuka

Tak hanya membantu mengurangi gatal dan bengkak, cuka juga membantu proses penyembuhan kulit yang terkelupas karena digaruk. Celupkan bola kapas pada cuka dan oleskan secara perlahan pada kulit yang  tergigit.

 


(DEV)