Perubahan Tubuh Wanita Setelah Berusia 40 Tahun

Torie Natalova    •    Kamis, 15 Jun 2017 07:00 WIB
menopause
Perubahan Tubuh Wanita Setelah Berusia 40 Tahun
Setelah usia 40 tahun, Anda akan mengalami banyak perubahan di bagian bawah pinggang karena menurunnya kadar estrogen. (Foto: Oprah.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki usia 40 tahun, kesehatan seseorang pasti akan berubah. Pada wanita khususnya, usia ini bisa jadi tanda Anda akan memasuki masa menopause.

Masa menopause ini ditakuti oleh kebanyakan wanita karena beberapa tanda penuaan akan mulai bermunculan terutama pada kulit. Tetapi, ada beberapa perubahan tak terduga lain yang dapat terjadi setelah Anda berusia 40 tahun.

(Baca juga: 6 Cara Mencegah Menopause di Usia Sebelum 40 Tahun)



1. Rambut rontok lebih banyak
Seiring bertambahnya usia, rambut akan bertambah tipis. Perimenopause yang biasanya dimulai di usia 40 tahunan adalah penyebab kondisi ini. 

Kerontokan rambut terjadi di setiap bagian tubuh termasuk kaki, tangan bahkan ketiak. Untuk rambut rontok di bagian tubuh selain kepala, kerontokan terjadi secara bertahap dan cukup lama.



2. Otak mengalami penurunan
Anda mungkin akan mengalami masalah dalam mengingat dan merasa seperti ada yang kosong. Ini bukan hanya karena proses penuaan yang normal. 

Menurut profesor psikiatri Pauline Maki, wanita memiliki reseptor estrogen di dua area otak yang mengendalikan memori dan bila ada sedikit estrogen maka ada perubahan struktural di area tersebut. Estrogen juga meningkatkan kadar asetilkolin yakni neurotransmiter yang membantu kita membentuk ingatan baru. 



3. Siklus haid berantakan
Di usia ini dan saat telah menopause, Anda akan berhenti ovulasi dan haid. Mungkin akan lebih baik jika ovarium secara bertahap mengurangi estrogen, tetapi ini pola yang sangat tidak terduga. 

Mereka dapat memompa sejumlah estrogen yang berbeda secara liar setiap sebulan sekali atau lebih lama. Pada dasarnya, jadwal haid Anda akan menjadi tidak teratur atau berhenti.



4. Tidak mampu mengontrol kandung kemih

Kehamilan memang dapat mengganggu kandung kemih Anda dan wanita yang jauh lebih tua sering mengalami masalah ketidakmampuan menahan buang air kecil. 

Ini terjadi karena sedikit estrogen, otot kandung kemih dan otot yang mendukung uretra menjadi lebih lemah dan membuat Anda rentang terhadap kebocoran. 



5. Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi
Setelah usia 40 tahun, Anda akan mengalami banyak perubahan di bagian bawah pinggang karena menurunnya kadar estrogen. Hormon ini memainkan peran perlindungan melawan bakteri yang menyebabkan infeksi. Karenanya, wanita yang telah menopause memiliki kadar estrogen yang lebih sedikit sehingga seringkali terkena infeksi saluran kemih.








(TIN)