2 Cara Instan Mengatasi Demam Panggung

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 26 Sep 2017 17:45 WIB
tips & trik
2 Cara Instan Mengatasi Demam Panggung
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang mengalami demam panggung atau gugup ketika akan tampil di depan banyak orang, baik itu dalam sebuah pertunjukan atau presentasi di depan rekan kerja.

Bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, cobalah dua pose yoga yang dapat menurunkan rasa panik, menurut ahli yoga Deepak Sharma dari Art of Living.

1. Bernapas dengan elegan

Teknik ini akan memberi kakuatan menghadapi segala situasi, termasuk ketegangan, dan membuat Anda lebih mudah berinteraksi dengan orang lain.

Pertama, berdirilah tegak saat menghirup udara dan naikkan kedua tangan ke atas. Bukalah jari-jari tangan selebar mungkin. Kemudian, julurkan lidah dan tekan ke arah bawah sehingga posisi dagu menurun. Pusatkan seluruh berat badan ke bagian tumit kaki.

Selanjutnya, posisikan tangan yang lurus di belakang tubuh saat menghembuskan napas. Ulangi pose tersebut dua hingga tiga kali sebelum Anda tampil di depan umum.

2. Bernapas dengan kuat

Proses ini secara instan akan menghilangkan rasa takut dan cemas karena melepaskan ketegangan dan membuat perasaan tenang.

Cobalah berdiri dengan nyaman dan tarik napas dalam. Hembuskan napas sengan kuat hingga memgeluarkan suara 'hmmm.' Ulangi dua hingga tiga kali.

Ketika terlalu tegang, cobalah bernapas dengan tangan menutupi mulut (seperti bila akan batuk) dan bernapaslah lewat mulut dengan kencang. Anda akan merasa lebih percaya diri dalam waktu instan. Bila rutin dilakukan setiap pagi, trik ini akan membantu mengurangi kecemasan dan rasa takut.




(DEV)