Asupan Gula Tinggi Selama Kehamilan Picu Asma Pada Anak

Torie Natalova    •    Rabu, 12 Jul 2017 10:47 WIB
studi kesehatan
Asupan Gula Tinggi Selama Kehamilan Picu Asma Pada Anak
Mengonsumsi gula saat hamil berpengaruh terhadap kesehatan janin. (Foto: Tribune)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita hamil sangat wajar jika mengidam. Namun, jika yang Anda inginkan selama sembilan bulan hanyalah makanan manis, sebaiknya mulai mempertimbangkan kembali asupan gizi Anda.

Sebuah penelitian terhadap hampir 9.000 pasang ibu dan anak  mengidentifikasi hubungan antara gula dan asma. Peneliti menemukan, anak-anak dari perempuan yang mengonsumsi produk seperti minuman bersoda dan makanan olahan selama kehamilan lebih cenderung mengembangkan penyakit peradangan saat mereka tumbuh besar.

Penelitian dilakukan pada tahun 1990-an, membandingkan 20 persen ibu yang mengonsumsi banyak gula (setara dengan lima sendok teh gula atau dua kaleng minuman soda sehari) dengan 20 persen ibu yang sedikit mengonsumsi gula.

Hasilnya, disimpulkan bahwa bayi dari wanita yang masuk kategori pertama memiliki kira-kira satu dari lima kemungkinan terkena asma. Sementara anak-anak dari mereka yang berada dalam kategori kedua hanya memiliki satu dari 10 kemungkinan terkena asma.

Prevalensi gula dalam makanan seseorang telah lama dicurigai sebagai penyebab utama kondisi tersebut. Peneliti utama Profesor Seif Shaheen menegaskan, timnya tidak mengatakan bahwa asupan gula tinggi pada ibu hamil pasti memicu alergi dan asma pada anak mereka. Tetapi, mengingat konsumsi gula yang tinggi di beberapa negara, penelitian perlu dilakukan dengan beberapa urgensi.

Menariknya, asupan bebas gula pada masa anak-anak ternyata tidak berhubungan dengan hasil yang terlihat dalam analisis. Untuk saat ini, peneliti menganjurkan agar wanita hamil mengikuti pedoman saat ini dan menghindari konsumsi gula yang berlebihan.




(DEV)