Minum Banyak Air Bantu Cegah Batuk

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 26 Jul 2017 16:11 WIB
tips kesehatan
Minum Banyak Air Bantu Cegah Batuk
(Foto: Pimple)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sesekali batuk adalah hal yang wajar dialami banyak orang. Gangguan tersebut adalah bentuk proteksi tubuh terhadap benda asing kecil yang masuk ke dalam tubuh.

"Setiap orang pasti mengalami batuk, tapi itu wajar. Anak-anak yang terbatuk hingga sepuluh kali dalam sehari pun tak masalah," ujar dr Fauziah Fardizza, Sp THT-KL (K) selaku dokter spesialis THT RS Dr. Cipto Mangunkusumo dalam peluncuran OB Herbal Ziplong, Rabu 26 Juli 2017.

Namun, meskipun bukan tergolong penyakit, beberapa orang merasa tak nyaman jika batuk. Oleh karena itu, dr Ezi memberikan beberapa tips mudah agar terhindar dari batuk.

Pertama, konsumsi banyak air dan kurangi makanan berminyak. Selain itu, hindari makanan yang merangsang munculnya iritasi pada bagian tenggorokan seperti makanan yang terlalu pedas atau asam.

Selain itu, pemakaian obat tradisional yang mengandung bahan-bahan alami untuk meningkatkan kualitas tubuh juga disarankan, misalnya madu.

"Penyebab batuk adalah virus dan bakteri yang terhirup tanpa sadar. Jadi sebaiknya kita menghindari pemicunya, termasuk asap rokok," tambahnya.

Lalu bagaimana dengan penggunaan obat batuk, apakah mempan untuk menghilangkan batuk?

"Obat itu berfungsi untuk meredakan sehingga membantu memperlancar dan melegakan proses bernapas," jawab dr Ezi.

Ia menjelaskan, umumnya obat batuk memiliki dua kandungan, yaitu ekspektoran yang berfungsi mengencerkan dahak dan antitusif untuk menekan batuk.




(DEV)