7 Langkah Atasi Stres saat Hamil

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 28 Jun 2018 16:16 WIB
kehamilan
7 Langkah Atasi Stres saat Hamil
(Foto: Netmum)

Jakarta: Kehamilan menjadi hal terindah dalam fase hidup seorang wanita. Namun tak jarang juga ibu hamil yang justru merasakan stres berlebih selama mengandung.

Padahal stres berlebih dapat berdampak tak baik bagi janin, seperti memicu persalinan prematur bahkan keguguran. Selain itu, dapat juga menyebabkan kadar darah Anda naik secara tak normal.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengelola stres dan kecemasan selama kehamilan, seperti dilansir dari Boldsky;

1. Lakukan yang Anda sukai

Bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga, luangkan waktu untuk sejenak bersantai di sofa. Agar rileks, dengarkan musik atau baca buku yang Anda suka. 

2. Meditasi

Meditasi selama kehamilan terbukti mengurangi stres secara signifikan, menstabilkan detak jantung, serta tekanan darah. Berdasarkan penelitian, meditasi membantu mengurangi komplikasi kelahiran hingga lebih dari 90 persen.

3. Menerima perubahan tubuh

Banyak wanita hamil khawatir apakah bisa mengembalikan bentuk tubuhnya seperti semula setelah melahirkan. Tanpa disadari, ini bisa memicu stres. 

4. Perbanyak konsumsi omega-3

Asam lemak omega 3 akan membantu meningkatkan semangat karena zat ini dikenal bisa mengurangi tingkat stres dalam tubuh dan meningkatkan asam amino esensial yang disebut triptofan. Hormon ini akan membantu Anda tidur lebih baik dan meningkatkan rasa percaya diri. 

5. Berbagi perasaan

Dengan berbagi perasaan dengan pasangan atau teman dekat tidak hanya membantu Anda lebih lega, namun juga membantu mereka memahami apa yang Anda alami. 

6. Tidur lebih sering

Tidur akan membantu Anda rileks dan mengurangi hormon stres dalam tubuh. Wanita hamil sering merasa lelah dan mengantuk, sehingga disarankan agar Anda mendengarkan tubuh ketika butuh tidur. Tidur juga akan menyegarkan dan memberi energi bagi Anda.

7. Mengajak bayi berkomunikasi

Mengajak janin berkomunikasi atau memperdengarkan musik yang menenangkan akan membantu Anda menjalin ikatan dengan baik. 





(DEV)