Benarkah Baking Soda dapat Menurunkan Berat Badan?

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Jul 2018 19:20 WIB
studi kesehatan
Benarkah Baking Soda dapat Menurunkan Berat Badan?
(Foto: Women's Health)

Jakarta: Baking soda tak hanya berfungsi untuk membuat kue dan membersihkan peralatan memasak Anda, tetapi juga membantu menurunkan berat badan. 

"Baking soda adalah senyawa kimia yang disebut natrium bikarbonat," jelas Rachele Pojednic, Ph.D., asisten profesor nutrisi di Simmons College seperti dilansir Romper. 

Ketika Anda mencampurkan baking soda dan meminumnya, tambah dia, maka baking soda akan bereaksi dengan asam dalam perut untuk membentuk garam, air, dan karbon dioksida.

"Penggunaan yang paling umum dalam dunia medis biasanya digunakan sebagai antasid," katanya.

Baking soda dengan kandungan alkali mampu meredakan gejala seperti gangguan pencernaan dan mual, yang dapat disebabkan oleh kelebihan asam di perut. 

"Perut Anda seharusnya berada pada pH yang sangat rendah (asam), yang menyebabkan fase awal pencernaan protein," kata Pojednic. 

"Jika Anda makan makanan yang mengandung protein tinggi (atau bahkan mungkin lemak tinggi), sel-sel lambung Anda kemungkinan akan mengeluarkan asam ekstra untuk memecah makanan itu."

Asam itu sendiri tidak akan menyebabkan apa-apa, tetapi jika ada terlalu banyak tekanan di perut, asam itu bisa masuk ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi seperti gangguan pencernaan atau refluks asam.

"Jika Anda mengonsumsi antasida (seperti baking soda), itu akan 'menetralkan' asam yang masuk ke kerongkongan atau saluran pencernaan dan mengurangi iritasi asam," ujar Pojednic. 

Jadi, meskipun baking soda dapat membuat perut Anda menjadi lebih baik namun ia tidak bisa membantu menurunkan berat badan. 

"Tidak ada alasan secara fisiologis bahwa baking soda akan membantu dalam menurunkan berat badan, kecuali mungkin dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang, dengan mengurangi asupan kalori," kata Pojednic.

Lihat video:





(DEV)