Saat Diet, Bagaimana Memastikan Bahwa Lemak Tubuh telah Hilang?

Nia Deviyana    •    Jumat, 27 Apr 2018 11:51 WIB
diet
Saat Diet, Bagaimana Memastikan Bahwa Lemak Tubuh telah Hilang?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menurunnya berat badan menjadi tolok ukur berhasilnya diet Anda. Namun, pastikan yang hilang dari tubuh Anda adalah lemak agar upaya diet yang Anda lakoni kedepannya berhasil.

Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan ketika kita menimbang berat badan, tubuh menggambarkan empat hal yakni lemak, otot, air, dan massa tulang. 

"Kalau yang hilang itu benar lemak, biasanya akan turun lagi secara berkesinambungan selama kita masih diet. Tetapi kalau yang hilang itu otot, air, atau massa tulang, tubuh akan terasa seperti sedang sakit karena mengganggu keseimbangan tubuh yang lain," jelasnya dalam program Metro I-Care, di Metro TV. 

Idealnya, menurunkan berat badan yang sehat antara setengah hingga satu kilogram per minggu. Dr Rita mengimbau untuk memastikan benar asupan diet agar Anda tetap berenergi. 

Ia memaparkan ada enam zat komponen gizi yang harus Anda penuhi sehari-hari, antara lain karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral.

"Nah, saat diet, yang boleh dipangkas atau dikurangi hanya karbohidrat dan lemak. Yang lain harus tetap ada, terutama vitamin dan mineral dari sayur dan buah kalau bisa ditambah," urainya. 

Ia juga menekankan untuk memilih protein yang sehat. Sebab, dalam setiap protein pasti mengandung lemak. Bagaimana cara menambah asupan protein tanpa menambah lemak?

"Pilih protein yang tepat seperti putih telur, ayam tanpa kulit, ikan, yogurt, susu low fat, dan tempe. Pengolahannya juga harus tepat, kalau tempenya digoreng sama saja bohong," pungkasnya. 

Lihat video:




(DEV)