Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dikatakan kepada Orang yang Baru Putus

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Jun 2018 09:00 WIB
romansapsikologi
Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dikatakan kepada Orang yang Baru Putus
Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dikatakan kepada teman Anda yang baru saja mengalami putus cinta. (Foto: Jonatán Becerra/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak diragukan lagi bahwa mengalami putus cinta bisa membuat seseorang kehilangan semangat, apalagi jika hubungan yang dijalani sudah cukup lama dan sudah serius. Ketika seseorang mengalami masa-masa sulit tersebut, kehadiran seorang teman dianggap dapat membantu untuk melalui kesulitan dan bisa memberikan sebuah hiburan. 

Jika Anda memiliki teman yang baru saja mengalami putus cinta, meskipun sangat ingin mengatakan kejujuran sebaiknya lebih berhati-hati. 

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dikatakan kepada teman Anda yang baru saja mengalami putus cinta.

1. "Jangan khawatir, ada seseorang yang lebih baik di luar sana untukmu!"
Meskipun hal ini mungkin benar, ketika seseorang baru saja mengalami putus cinta dengan pasangan yang sudah sangat dekat dengan dirinya, memikirkan pasangan baru adalah hal terakhir yang mereka pikirkan.  

Jadi, meskipun mungkin terasa seperti hal yang menghibur untuk dikatakan, lebih baik cobalah untuk berada bersama teman Anda untuk melewati masa-masa sulit mereka dan melewati kesedihan yang mereka alami saat ini. 

(Baca juga: Perilaku Buruk Wanita saat Putus Cinta)


(Jika Anda memiliki teman yang baru saja mengalami putus cinta, meskipun sangat ingin mengatakan kejujuran sebaiknya lebih berhati-hati. Foto: Anthony Tran/Unsplash.com)

2. "Tidak apa-apa, aku juga sebenarnya tidak menyukai mereka"
Ketika teman Anda baru putus dengan pasangannya, penting bagi Anda untuk mendengarkan apa yang mereka rasakan. Bukan malah menjadi kesempatan bagi Anda untuk menyampaikan rasa tidak suka Anda terhadap pasangan teman Anda tersebut.

3. "Nikmati saja dengan menjadi single"
Masa transisi dari memiliki pasangan menjadi single mungkin tidaklah mudah. Dan mungkin teman Anda membutuhkan waktu untuk bisa menerima status baru yang ia miliki. Dan mungkin saat baru putus bukanlah saat yang tepat untuk mengatakannya. 

4. "Aku tahu bahwa dia memang bukan jodohmu"
Saat teman Anda baru saja putus dengan pasangannya, cobalah untuk tidak menyampaikan opini Anda terlebih dahulu. Dengan mengatakan hal seperti ini tidak hanya kasar, tetapi juga memberi sinyal kepada mereka bahwa Anda menganggap bahwa mereka tidak mampu membuat keputusan yang baik.

5. "Kamu bisa melakukan yang lebih baik"
Ya, mereka mungkin bisa berbuat lebih baik, tetapi saat ini yang mereka butuhkan hanyalah mencoba untuk bertahan hidup dari kesedihan akibat patah hati yang mereka alami.

Jika mereka mengatakan hal-hal negatif tentang mantan mereka, mungkin boleh saja setuju dengan mereka, tetapi berhati-hatilah dalam mengartikannya karena bisa jadi malah bisa membuat mereka merasa semakin bertambah buruk. 





(TIN)