Tujuh Alasan Anda Merasa Terus Kedinginan

Torie Natalova    •    Kamis, 03 May 2018 05:25 WIB
kesehatan
Tujuh Alasan Anda Merasa Terus Kedinginan
Sebuah penelitian menemukan bahwa kurang tidur dapat mengacaukan pengaturan fluktuasi kulit. (Foto: Alexandre Croussette/Unsplash.com)

Jakarta: Merasakan dingin yang berlebihan pada tubuh seringkali dialami ketika Anda menderita demam. Tapi, jika dalam kondisi sehat dan Anda sering merasa kedinginan, bisa jadi ada hal lain yang sedang terjadi dalam tubuh.

Salah satu alasan Anda merasa kedinginan adalah ketika tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Tubuh kita mampu mengatur fluktuasi suhu kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa kurang tidur dapat mengacaukan pengaturan fluktuasi kulit.

Selain kurang tidur, ada beberapa alasan mengapa Anda merasa sering kedinginan.

1. Anda wanita
Seorang dokter Jerman menganalisis lebih dari 25 ribu pria dan wanita. Penelitian itu menemukan bahwa wanita memiliki suhu yang lebih dingin, sementara pria memiliki suhu yang normal.

2. Anda kurus
Penelitian menemukan bahwa ketidaknyamanan termal dengan ekstremitas dingin secara signifikan lebih umum pada subjek yang lebih langsing daripada mereka yang memiliki tubuh gemuk. Memiliki berat badan sangat rendah dikaitkan dengan sirkulasi yang buruk atau ketidakmampuan jantung untuk memompa pemanasan darah ke ekstremitas tubuh.

3. Anda mengalami dehidrasi
Kekurangan air sebelum berkeringat dapat menyebabkan hipohidrasi atau kehilangan air tubuh yang tidak terkompensasi, dan kepanasan. Ini juga bisa menyebabkan panas karena aliran darah ke kulit merosot ketika tubuh menjadi kering. Penting untuk tetap terhidrasi meskipun cuaca sedang dingin.

(Baca juga: Tips Menghangatkan Tubuh Saat Cuaca Dingin)


(Seorang dokter Jerman menganalisis lebih dari 25 ribu pria dan wanita. Penelitian itu menemukan bahwa wanita memiliki suhu yang lebih dingin, sementara pria memiliki suhu yang normal. Foto: Daniel Bowman/Unsplash.com)

4. Anda menderita anemia
Tangan dan kaki dingin adalah gejala umum anemia atau kurang darah. Karena anemia dapat berupa kondisi yang ringan, penting untuk periksa ke dokter jika ada gejala lain yang menyertainya.

5. Kerusakan saraf
Ketika saraf perifer kita rusak, informasi dari sistem saraf pusat tidak berjalan dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh sehingga dapat menimbulkan perasaan dingin dan mati rasa. Diabetes melitus adalah salah satu penyebab paling umum neuoropati perifer. Merokok, penyalahgunaan alkohol, dan rheumatoid arthritis juga dapat membuat Anda berisiko.

6. Memiliki masalah tiroid
Hormon yang diproduksi oleh tiroid Anda adalah pemain utama dalam mengatur metabolisme Anda. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat mempengaruhi detak jantung, bagaimana Anda memproses lemak dan karbohidrat, bagaimana Anda menghasilkan protein dan bagaimana tubuh mengontrol suhunya. Tiroid yang kurang aktif dikaitkan dengan peningkatan kepekaan terhadap dingin.

7. Memiliki penyakit Raynaud
Penyakit Raynaud terjadi ketika arteri di area tubuh Anda seperti jari tangan dan kaki masuk ke vasospasme yaitu mereka mempersempit dan membatasi darah ke tempat-tempat tersebut. Penyakit ini lebih sering dialami mereka yang tinggal di iklim dingin.




(TIN)